Kamis, 02 Agustus 2018

Membuat Kreasi Produk Eco Printing

Sahabat Fitinline pasti sudah tahu kan yang dimaksud dengan teknik eco printing itu seperti apa. Teknik eco print merupakan salah satu teknik yang dapat diterapkan untuk mereplika daun-daun ke dalam bahan tekstil yang dilakukan dengan cara mengukus kain dan daun secara bersamaan.
Bukan hanya terbatas pada produk pakaian saja, tetapi teknik eco printing ini pada dasarnya juga dapat diaplikasikan pada syal, serbet, tirai, bahkan bungkus kado. Tertarik untuk mencobanya?. 
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Untuk membuat kreasi produk eco printing mula-mula sahabat Fitinline harus mempersiapkan terlebih dahulu berbagai macam alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan anda. Peralatan yang dimaksud diantaranya berupa:
  • Satu lembar kain polos berwarna putih (bisa menggunakan kain sutera atau kain mori).
  • Berbagai macam daun tanaman yang memiliki pigmen warna seperti daun jati, eucalyptus, stroberi, jambu, dan masih banyak lagi.
  • Kayu atau pipa logam untuk menggulung kain.
  • Tali atau benang untuk mengikat gulungan kain.
  • Gunting.
  • Steamer (mesin pengukus).
  • Kompor portable.
  • Cuka.
  • Ember.
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Cara Membuat Kreasi Produk Eco Printing
Celupkan satu lembar kain polos berwarna putih ke dalam ember yang sudah terisi campuran air dan cuka dengan perbandingan 3:1. Peras kain untuk mengurangi kadar airnya kemudian bentangkan di atas meja yang datar.
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Letakkan beberapa helai daun di atas potongan bahan kain secara acak. Untuk menciptakan efek yang lebih menarik sahabat Fitinline bisa menggunakan daun sebanyak yang anda inginkan. Coba gabungkan daun segar yang masih berada di pohon dan daun kering yang telah berguguran di tanah.
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Setelah anda puas dengan desain yang anda buat, selanjutnya lipat kain menjadi dua bagian sama besar. Tempatkan sepotong pipa di bagian bawah kain kemudian gulung secara perlahan.
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Lilitkan potongan benang di sepanjang bagian luar gulungan kain untuk menahan posisinya agar tidak terlepas. 
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Panaskan steamer atau mesin pengukus di atas kompor dengan api sedang, kemudian masukkan gulungan kain yang diperoleh dari langkah sebelumnya ke dalam mesin steamer. Kukus gulungan kain selama dua jam untuk memindahkan corak alami daun pada bahan kain.
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Setelah dikukus selama dua jam, selanjutnya keluarkan gulungan kain dari mesin steamer. Diamkan selama beberapa saat hingga benar-benar dingin sebelum anda membuka ikatan benangnya. Lepaskan ikatan benang yang terdapat pada bahan kain dan lihat hasilnya.
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Kain polos berwarna putih yang anda miliki kini berhasil disulap menjadi kain bermotif cantik yang hanya ada satu-satunya di dunia.  Tunggu kain mengering dengan sendirinya baru anda dapat mencucinya dengan deterjen berbahan lembut.
Tutorial Eco Printing
Sumber : http://www.frankie.com.au/
Semoga bermanfaat.
https://fitinline.com/article/read/diy--membuat-kreasi-produk-eco-printing/

Ecoprint, Teknik Pewarnaan Alami yang Unik

  
Hiasan rumah atau fashion yang unik tidak selalu dibeli dengan harga yang mahal. Anda bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar rumah untuk menciptakan kreasi yang menarik. Salah satunya dengan menggunakan ecoprint yang memanfaatkan dedaunan atau bunga yang tumbuh di pekarangan sebagai bahan dasar pengganti cairan kimia.

Culture | opinionFoto : Ist
  Pewarnaan dengan menggunakan unsur-unsur alami ini tidak akan mengakibatkan kerusakan bumi. Teknik alami ini membutuhkan waktu yang lama, tapi disinilah letak keindahannya. Proses pewarnaan alami membuat kita belajar untuk menghargai alam yang telah memberikan kehidupan.
 Ecoprint disebut unik karena tidak bisa diulang. Bahan pewarna (daun atau bunga) yang digunakan tidak sama, bahan pewarna yang digunakan di satu tempat dan di tempat lain akan berbeda. Bahkan dua sisi daun yang digunakan pun tidak bisa sama.
Foto : Ist
  Ecoprint merupakan teknik cetak yang menggunakan pewarna alami. Teknik sederhana yang tidak melibatkan mesin atau cairan kimia. Teknik ini diaplikasilan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun yang mampu menyerap warna dengan baik.
  Pencetakan yang ramah lingkungan ini dilakukan dengan menyerap pigmen dari tumbuhan untuk membuat warna yang menarik. Pewarnaan ini dilakukan dengan menimbulkan warna tertentu pada serat selulosa (kapas, linen) atau protein (sutra, wol) tanpa mewarnai benang secara merata.

Culture | opinionFoto : Ist
  Berbeda dengan teknik pewarnaan yang dilakukan di pabrik dengan menggunakan bahan kimia. Pewarnaan tradisional atau ecoprint ini lebih memanfaatkan tanaman yang tidak dikenal sebagai sumber pewarna. Hasil pencetakan ecoprint ini sangat bervariasi sesuai dengan jenis tanaman, bagian tanaman yang digunakan, waktu pengolahan, tingkat pH, kualitas air, metode pengolahan, jenis serat (selulosa, sintetis atau protein) dan lainnya.
  Cara yang paling sederhana dilakukan untuk proses ecoprint adalah dengan meletakkan bunga atau daun di atas kain, kemudian memukulnya dengan menggunakan palu. Daun atau bunga akan meninggalkan bekas warna pada kain. Proses sederhana ini tidak membutuhkan waktu lama. Namun hasil pewarnaannya juga akan tetap unik dan menarik.

Foto : Ist
  Proses ecoprint yang sebenarnya membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan awet. Berikut adalah langkah yang dilakukan untuk proses ecoprint :
  1. Memilih daun dan bunga yang akan digunakan sebagai bahan pewarna kain. Sebaiknya daun atau bunga diambil pada saat musim panas karena warna daun atau bunga akan cepat pudar setelah terkena hujan.
  2. Sebagai pemula Anda bisa menggunakan kain dengan bahan sutra atau wol. Setelah melakukan beberapa eksperimen Anda bisa beralih pada kain yang terbuat dari bahan yang lain.
  3. Letakkan daun atau bunga pada bagian kain yang Anda inginkan. Buatlah bundel yang ketat.
  4. Proses selanjutnya adalah pencetakan. Jika Anda menginginkan proses yang lebih singkat, Anda bisa merebus atau mengukus bundelan kain yang sudah dibuat. Proses ini biasanya membutuhkan waktu antara 30 menit sampai 6 jam. Warna daun atau bunga akan mulai masuk ke dalam kain. Warna daun atau bunga tertentu akan mulai pudar jika proses ini dilakukan dalam waktu yang terlalu lama. Maka periksalah secara teratur dan tambahkan air jika diperlukan.
  5. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan buntelan kedalam ember yang berisi air, kemudian letakkan di tempat panas.
  6. Proses pewarnaan berikutnya adalah dengan mengubur buntelan di dalam tanah, kemudian membukanya setelah beberapa bulan.
  7. Jika pewarnaan dilakukan dengan cara memasak atau merendam di bawah sinar matahari, setelah di keluarkan buntelan bisa dibuka dan biarkan hingga dingin atau kering.
Culture | opinionFoto : Ist
  Anda bisa berkreasi dengan berbagai macam daun atau bunga. Jenis daun yang cocok digunakan untuk teknik ecoprint adalah yang berbentuk agak pipih, sedikit tebal dan mempunyai kandungan air cukup banyak. Kandungan air ini sangat mempengaruhi keberhasilan proses ecoprint. Oleh sebab itu Anda harus lebih selektif dalam memilih bahan pewarnanya. Menarik untuk dicoba, bukan?
 Sumber : https://www.wanita.me/ecoprint/

Homemade Fabric Day : Berkarya Membuat Kain Secara Mandiri


Homemade Fabric Day : Berkarya Membuat Kain Secara Mandiri
Velodrome – Salah satu rangkaian event IKAT/eCUT yang digelar oleh Pusat Kebudayaan Jerman yakni Goethe Institute mengadakan Homemade Fabric Day. Acara yang digelar di Museum Tekstil Jakarta pada Minggu (2/4) kemarin mengundang segerombolan penikmat seni dan pengrajin serta awak media untuk mendalami pengetahun dan ketrampilan membuat kain secara mandiri.
Sebagai salah satu kategori slow fashion lab, homemade fabric day menjadi ajang untuk memproses sebuah tekstil yang menghargai ketrampilan individu dan tentunya lebih ramah lingkungan.
Ada 4 motode yang dipilih yang bisa dipraktikkan secara langsung oleh pengunjung museum. Bagi Anda yang tidak hadir dalam acara tersebut, Divertone memaparkan keempat teknik tersebut agar bisa Anda pelajari di rumah.
Homemade Weaving
Homemade Fabric Day : Berkarya Membuat Kain Secara Mandiri
Image : Divertone/Rintang A
Metode ini berasal dari Osaka, Jepang, yang memungkinkan seseorang untuk menenun secara mandiri. Homemade weaving mengharuskan Anda untuk menggunakan mesin tenun yang bernama Saori. Saori adalah mesin tenun yang dibuat sesederhana mungkin untuk dapat dioperasikan oleh penggunanya. Hal itu menjadi sebuah solusi karena mesin tenun yang digunakan penenun profesional lebih rumit dan menggunakan lebih banyak benang.
Cara mengoperasikan mesin ini sangat mudah, Anda bisa berlatih sekitar 1 minggu, dan Anda dijamin akan terbiasa menggunakannya. Alat untuk menggulung benang dibuat dengan petunjuk sederhana. Benang yang disarankan memang benang yang lebih tebal dan berdiameter lebih besar sehingga tidak akan membingungkan penggunanya.
Benang ditempatkan pada alat berbentuk oval yang membantu Anda untuk mengikatnya. Anda tinggal menarik bagian tengah untuk merapatkan benang dengan benang selanjutnya. Hal itu terus berulang dilakukan dengan dibantu dua pedal yang diinjak untuk menggantinya pada tatanan benang-benang yang lama kelamaan akan menjadi kain tenun. Motif yang bisa dilakukan terbilang sederhana yakni garis horizontal yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Eco Print

Homemade Fabric Day : Berkarya Membuat Kain Secara Mandiri
Image : Divertone/Rintang A
Metode yang satu ini adalah salah satu metode pemberian motif pada kain menggunakan motif dari bentuk tumbuhan yang mempunyai karakter sebagai pewarna alam. Beberapa dedaunan yang mempunyai kandungan air dan warna pekat bisa digunakan untuk mempraktikkan metode ini.
Pada tahap pertama, Anda membutuhkan kain serat alami seperti kanvas dan katun sebagai medianya. Kain putih serat alami dapat mengikat warna alam dari tumbuhan lebih baik dibandingkan satin dan polyster. Ada tinggal menata daun daun di atas kain yang adakan diberi warna dengan motif tertentu.
Anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera Anda begitupun daun-daun dan tumbuhan pipih yang Anda pilih. Tutup kain yang sudah diberikan tumbuhan perwarna alam yang sudah Anda susun sedemikian rupa dengan kain lainnya. Setelah itu, Anda memukul bagian yang akan diberikan motif dengan palu atau batu. Lakukan tahap ini sampai kain mengeluarkan warna dari tumbuhan perwarna alam yang mengalami penyerapan pengikatan.
Ketika keselutuhan kain telah terisi warna, lepaskan kain penutup dan Anda akan meilhat hasilnya. Pada proses fiksasi yakni pengikatan agar warna tidak luntur, Anda bisa merendam kain tersebut dalam waktu tertentu dalam air yang telah diberikan bahan pengikat warna seperti garam dan cuka. Semakin lama Anda merendam, warna tersebut Akan semakin terikat dalam serat kain. Motode ini adalah metode yang sudah lama Ada. Salah satu desainer fashion yang mengaplikasikan teknik ini adalah Ella Trimurti.

Linocut Stamping

Homemade Fabric Day : Berkarya Membuat Kain Secara Mandiri
Image : Divertone/Rintang A
Teknik ini pada dasarnya adalah teknik mengecap kain dengan media karet Linoleum yang berbentuk seperti kertas. Karet Linoleum dipotong dengan motif tertentu dengan memberikan ruang diantara bentuk keseluruhan menjorok cembung ke dalam. Karet Linoleum yang sudah mempunyai bentuk tertentu kemudian dioleskan dengan pewarna tekstil yang Anda bisa beli di toko terdekat.
Oleskan kuas yang telah diberikan cat depada karet kemudian tempelkan Linoleum tersebut pada kain. Tekan sedikit untuk memberika hasil cap yang sempurna. Saat Anda sudah yakin cat telah menyerap ke kain, Anda bisa angkat Linoleum tersebut. Biarkan beberapa saat agar cat di atas kain tersebut kering. Setelah itu, Anda bisa menikmati hasilnya.
Teknik ini tidak mengharuskan Anda menggunakan kain berserat alami, kain yang lebih glossy seperty polyster dan satin bisa gunakan. Jika motif yang Anda hasilkan semakin meningkat secara susunan, Anda sudah bisa dianggap berhasil mengaplikasikan teknik sablon atau cap model ini. Seniman yang mengaplikasikan metode ini adalah Ratu R Saraswati yang karyanya banyak berbentuk scarf.

Hapazome

Image : Divertone/Rintang A
Hampir serupa dengan Eco Print, teknik Hapazome menggunakan pewarna alam dari tumbuhan yang mempunyai pigmen warna yang dapat meresap ke kain. Hal yeng membedakan proses ini dengan Eco Print adalah fiksasi yang langsung diterapkan pada tumbuhan. Material pengikat dan peluntur warna yang biasa disebut mordan antara lain garam, cuka, tawas, baking soda, dan sabun.
Mordan tersebut akan direaksikan langsung kepada tumbuhan dengan menaburkannya pada bagian tanaman. Setiap tanaman akan mempunyai reaksi yang berbeda ketika diberikan mordan. Warka akan terlihat lebih pekat atau malah luntur dan kadang juga berubah warna.
Proses ini mengalami reaksi kimia karena terdapat perubahan asam dan basa pada tanaman. Tumbuhan yang sudah diberi mordan diletakkan di di atas kain kemudian ditutup dan dipukul dengan benda keras seperti palu. Ketika melakukan proses ini, Anda akan melihat langsung reaksi kimia pada tenaman yang warnanya mulai meresap ke kain. Melalui teknik ini, Anda tak perlu melakukan fiksasi dan bisa dikreasikan seperti warna gradasi lho.
Penasaran dengan teknik-teknik ini, untuk menjawabnya hanya dengan cara mencobanya. Jadi, jika Anda bosan dengan motif kain yang itu-itu saja. Teknik mandiri ini mengajak Anda untuk berkreativitas. Hasilnya pun dijamin tidak akan ada yang menyamai. Selamat bereksperimen dengan kain Anda.

Editor : MP Jathia
https://www.divertone.com/homemade-fabric-day/

Minggu, 06 September 2015

Puding Castard Fruit Cocktail


1 cawan tepung castard
5 cawan air ( dah termasuk air fruit cocktail )
5 sudu besar gula pasir

Cara2 nya :
Tapis fruit cocktail
Ambil airnya jadikan 5 cawan
Bancuh air tadi dengan tepung castard dan masukan gula
Kacau atas api perlahan hingga masak dan berkilat
Tuang dalam acuan yang disukai
Sejukan sebelum dimakan dengan kuahnya.

Kuahnya :
1 tin susu cair
1/2 cawan gula
2 helai daun pandan
Campur semua bahan2
Kemudian dipanaskan atas dapur hingga naik wap ( jangan dimasak hingga mendidih ye )

Terima kasih Majalah Asuh atas perkongsian


Sumber  Resepi Sahabat

Puding Cendol


Bahan-bahan ( 10 x 10 x 1 inci )

Bagi Lapisan Bawah
500ml air
180gm gula pasir
300ml santan pekat
10gm agar - agar powder
500gm cendol
sedikit garam
Bagi Lapisan Atas
500ml air
200gm gula merah
300ml santan pekat
10gm agar - agar powder
1 biji kuning telur
sedikit garam

Cara-cara

Bagi Lapisan Bawah
Masakkan air, agar-agar powder dan gula sehingga mendidih.
Masukkan santan dan garam. Biarkan mendidih sedikit.
Masukkan cendol. Kacau sedikit. Angkat. Tuangkan kedalam acuan. Tips : untuk acuan. Basahkan dengan sedikit air. Lapikkan dengan plastic (saiz plastic mestilah lebih besar dari acuan) supaya mudah keluarkan dari acuan nanti untuk dipotong.
Bagi Lapisan Atas
Masakan gula merah dengan sedikit air (drp 500ml dalam resepi ye) sehingga gula hancur. Tapiskan air gula.
Masukkan air gula + baki air dan agar-agar powder. Masak sehingga mendidih.
Kocoh kuning telur di dalam santan. Tuangkan santan kedalam adunan. Masukkan garam. Biar mendidih sekejab. Padamkan api.
P9070107
Tips : Sebelum tuang adunan atas, pastikan adunan bawah sudah keras dan cucuk dengan garpu di serata adunan.
Tips 2 : Tuang adunan lapisan atas perlahan-lahan. Sebaik-baiknya tahan adunan dengan sudu supaya adunan jatuh dengan perlahan.


Puding Kacang Merah.

..
BAHAN:
1 cwn Kacang Merah
1 packet / 13g Serbuk Agar-Agar
1 liter Air
240g Gula
1 tin Susu Cair - atau tukar kepada santan
1 sb Tpg Jagung
1 heai Daun Pandan
Sediki Pewarna Merah Jambu
secubit garam

CARANYA
Rebus kacang sehingga empuk.
Ambil 1/2 cwn & ratakan ke dlm acuan.
Blend baki kacang dgn susu, tpg jagung & pewarna sehingga sebati.
Letakkan serbuk agar-agar, air, gula & daun pandan ke dlm periuk & masak sehingga hancur.
Sendukkan +/- 1/2 cwn & tuangkan ke atas kcg merah dlm acuan tadi.
Masukkan campuran kcg merah yg di mesin tadi ke dlm agar2 & masak sehingga mendidih.
Biarkan lapisan kcg merah tadi mengeras sedikit sebelum di tuangkan masakan agar2.
Biar agar2 sejuk di suhu bilik sebelum di masukkan ke dlm peti sejuk.
Hidangkan sejuk.

Resepi: Jamilah Yatie

Puding Caramel




Bahan-bahan

400cc(400ml) susu segar/susu cair
5 sudu besar gula halus
3 biji telur- pada suhu bilik
2 biji telur kuning-pada suhu bilik
2-3 titik esen vanila
[ KARaMEL ]
5 sudu besar gula
2 sudu besar air

Cara-cara

Sediakan karamel: Masukkan gula ke dalam periuk dengan 1 sudu besar air. Masak di atas api sederhana. Bila nampak sedikit perang, masukkan 1 sudu lagi air. Masaklah sehingga perang. Tuang ke dalam loyang. Ketepikan.

Masukkan telur dan kuning telur ke dalam mangkuk. Sambil dikacau masukkan gula sedikit demi sedikit. Kacau dengan perlahan sehingga sebati. Jangan biarkan berbuih.

Dalam periuk lain masukkan susu dan esen vanila. Panaskan sehingga 60 degree. Jangan sampai mendidih.

Dengan susu yang masih panas lagi, masukkan sikit demi sedikit susu ke dalam telur tadi. Kacau sehingga sebati. Tuang ke dalam loyang yang ada karamel tadi.

Tutupkan loyang dengan 2 lapis aluminium foil. Kukus dengan api sederhana selama 30 minit

Atau boleh juga dibakar di dalam oven. Tapi perlulah diletakkkan air suam ke dalam dulang pembakar. Bakar selama 40-45 minit pada suhu 150 degree.

Bila dah masak. Jangan buka aluminium foil. Biarkan 5 minit. Kemudian bolehlah dibuka.

Bila sejuk bolehlah disimpan dalam peti ais
makan jangan lupa baca doa & bismillah..hehe

https://www.facebook.com/1447497472223009/photos/a.1448670285439061.1073741836.1447497472223009/1448672638772159/?type=3&theater

PUDING TEMBIKAI


by: Kak Long Lyn
sumber: Nieza

1 paket agar2 serbuk (dalam 15gm)
2 keping roti gardenia
6 cawan air
1 1/2 cawan gula (kurangkan kalau x suka manis) ita letak 1 1/4 cwn
1/2 tin susu pekat
2 sudu besar mentega
1 sudu kecil esen vanila
cincau- dipotong kecil (utk dibuat biji tembikai)
*kalo takde cincau, ambik sikit agar2 tu, warnakan hitam, bila beku, potong kecik2

Rebus agar2 ngan air..
Bila sudah larut masukkan gula..
Apabila mendidih masukkan mentega..
Kemudian masukkan susu..
Ambil sedikit adunan agar2 ni kemudian blendkan ngan roti sampai sebati..
Kemudian tuang semula kedalam agar2 tadi..kacau rata...
Dlm bekas lain bubuh sedikit warna hijau..masuk ke dalam loyang...jangan banyak sangat cukup untuk buat kulit dia je...biar beku skit je jangan beku sangat nnt x melekat pulak bila bubuh warna lain..
Lepas tu letak adunan plain untuk buat kulit yang warna putih pulak...biar beku sedikit..
Kemudian letak adunan warna merah pulak...
Tabur cincau untuk buat biji tembikai..biar beku betul2...sedap dimakan sejuk2

PUDING COKLAT CARAMEL


BAHAN-BAHAN
Bahan A

½ cawan gula-buatkan caramel

Bahan B

1 tin susu cair
1 cawan air
4 biji telur
1 sudu kecil esen vanilla
4 sudu besar gula perang
1 sudu besar serbuk koko
3 sudu besar tepung jagung
Hiasan-buah laici dalam tin

CARA MEMBUAT
1. Gaulkan semua bahan B dan tapiskan dalam loyang yang berisi caramel.
2. Kukuskan selama 30 minit dengan api sederhana.
3. Sejukkan dan terbalikkan dalam pinggan besar.
4. Hiaskan dengan buah laici atau sebarang buah koktel.

Blog: cekwo95.blogspot.com


AGAR-AGAR KASTAD JELLY


Sumber:syalina_yahya@myresipi.com
Bahan-bahan:
500ml air
220g gula pasir
1tin susu cair
3 sb (rata) tepung kastad + bancuh dengan 1/2 cawan air
1 paket (11 g) serbuk agar-agar -(saya buat yang 10g )
2 paket sumi jelly (dibelah dua)- saya tak belah

Cara-cara:
1.Dalam periuk masukkan air,gula,susu cair .Masak hingga mendidih.
2.Kemudian masukkan bancuhan tepung kastad,kacau seketika dan masukkan serbuk agar-agar.
3.Masak hingga mendidih dan pekat.Tapiskan ke dalam loyang.
4.Tunggu sehingga suam barulah dimasukkan jelly tadi (kalau masuk panas-panas jelly akan cair),susun jelly ikut kreativiti.
5.Sejukkan dalam peti ais baru sedap dimakan.


Sumber : Resepi Sahabat

AGAR-AGAR MILO LAPIS OREO





Sumber:AlongRoz@HomeKreation

Bahan-bahannya:
1 bungkus agar-agar serbuk (10gm)
750ml air
160gm gula
3/4 cawan milo
1 tin susu cair
1 bungkus biskut Oreo dibuang krim dan dipatah-patahkan

Cara-cara:
1.Masukkan air,gula ,serbuk agar-agar dan susu cair ke dalam periuk.Kacau sekejap bagi serbuk agar-agar tidak berketul kemudian didihkan.

2.Apabila mendidih,asingkan dua cawan ke dalam periuk lain dan campurkan dengan milo.

3.Ambil satu cawan campuran milo dan tuang ke dalam acuan.Biarkan keras seketika.
4.Tuang campuran susu sahaja dan taburkan biskut oreo yang telah dipatah-patahkan tadi ke atas campuran susu.Biarkan mengeras tetapi jangan terlalu keras.
5.Akhir sekali tuang baki satu cawan campuran milo tadi keatasnya.Biarkan keras .

ANEKA RESEP PUDING

Sahabat dan bunda - bunda ....
Berikut akan saya upload kumpulan resep yang bersumber dari 
https://www.facebook.com/pages/Resepi-Sahabat/1447497472223009?fref=photo

Semoga bisa menambah koleksi resep para bunda yaaa....
Selamat mencoba


















" SOP BUNCIS GULUNG DAGING "



Bahan 1:
* 200 baby buncis
* 200 g daging, iris tipis panjang
* 1/2 sdt merica bubuk
* garam secukypnya

Bahan 2;
* 750 ml air
* kaldu bubuk rasa sapi
* 100 g wortel, iris sesui selera
* 100 g kembang kol
* 1 batang daun bawang, iris kasar
* 2 batang seledri, iris kasar
* 1 sdm bawang putih goreng, hancurkan
* 1 sdm bawang merah goreng
* garam secukupnya
* 2 sdm kecap asin

Cara Membuat :

1.) Rebus air sampai mendidih, masukan daun bawang, seledri, dan kecap asin. diamkan sesaat.

2.) Potong dua bagian baby buncis kemudian gulung 5 buah buncis dengan daging yg sudah diberi garam Dan merica bubuk. masukan kedalam rebusan air mendidih beserta sisa bahan No 2.

3.) Masak hingga semua bahan empuk & matang.

4.) Angkat & Sajikan. dengan taburan bawang merah + putih goreng.

Sumber : Resep Masakan Ibu

" DADAR GULUNG ISI PISANG "




Bahanya;
* 150 g tepung terugu
* 15 g tepung maezena
* 2 butir telur
* 1/2 sdt garam
* 1 sdm gula
* 250 ml santan / diganti susu cair jg blh
* pewarna hijau makanan

Isian;
* Pisang kepok matang, potong sesui selera, tumis sebentar dgn mentega sampai berubah warna.

* Selai Srikaya secukupnya

Cara Membuatnya:

1.) Dadar :
Campur semua bahan kering, lalu masukan telur. aduk dengan whisk, lalu masukan santan / susu. aduk hingga tercampur rata. kalau kurang encer bisa ditambah sesui kebutuhan.

2.) Dadar adonan kedalam teflon yg sebulumnya diolesi minyak / margarin, lakukan sampai adonan habis.

3.) Olesi selesai diatas dadar, kemudian ksh isian pisang , lalu gulung.


Sumber Resep Masakan Ibu

~ Tips Turunkan Berat Badan.


Caranya:
* pagi pagi perut kosong, minum air hangat + 1-2 sdt madu + perasan lemon.
semakin banyak air yg diminum, semakin cepat membakar lemak.

* Lakukan setiap pagi.

Sumber Resep Masakan Ibu

" FRUIT POPSICLES "



Bahanya:
* 1/2 buah nanas
* 1 buah mangga
* 1 cangkir jus jeruk segar
* air matang secukupnya
* susu cream kental manis, secukupnya

Pelengkap:
* Irisan buah kiwi.

Cara Membuatnya:

1.) Blender semua bahan jadi satu hingga benar2 halus.

2.) Masukan irisan buah kiwi kedalam cetakan es kriem bertangkai, lalu tuangi bahan yg sudah diblender tadi.

3.) Masukan kedalam frizer, simpan sampai membeku & mengeras

Sumber https://www.facebook.com/pages/RESEP-MASAKAN-IBU/1500784126879139?fref=photo

" MIE GORENG "


Bahanya;
* 1 bungkus mie telor, rendam air panas, angkt, tiriskan
* 2 batang sawi hijau, potong potong
* 2 batang daun bawang, potong potong
* 1/2 buah wortel, potong korek api
* 100 g udang kupas
* 100 g daging ayam, potong potong
* 1 sdm saos tiram
* 1 sdm kecap manis
* 1 sdm saos tomat
* 1 sdm saos cabe
* 1 sdt merica bubuk
* garam secukupnya
* air secukupnya

Bumbu Halus;
* 5 buah bawang merah
* 3 siung bawang putih

Cara Memasaknya;

1.) Tumis bawang bumbu halus hingga harum, masukan ayam, lalu udang. tumis hingga ayam + udang berubah warna.

2.) Tuangi sedikit air aduk rata, masukan wortel, sawi, tambahkan kecap manis, saos tiram, saos cabe & saos tomat & garam, aduk rata.

3.) Setelah sayuran matang, masukan mie , daun bawang & merica bubuk. aduk sampai rata, Dan matang.

4.) Angkat & sajikan dgn taburan bawang goreng diatasnya.

Sumber : Kumpulan Resep Masakan Ibu

" SAMBAL GORENG PETAI "



Bahanya :
* 3 papan petai, kupas
* 3 sdm minyak untuk menumis 
* gula + garam secukupnya

Bahan Dihaluskan:
* 10 buah cabe rawit
* 5 buah cabe merah kriting
* 7 buah bawang merah
* 5 siung bawang putih.

Cara Membuatnya :

1.) Tumis bumbu halus hingga harum,

2.) Masukan petai, garam & gula. aduk rata, masak sebentar lalu angkat.


Sumber Resep Kumpulan Ibu

Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?

Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?
NOORMUSLIMA.COM- Ketombe adalah pengelupasan kulit mati, secara berlebihan di kulit kepala. Umumnya pengelupasan kulit mati adalah normal, tapi jika pengelupasannya berlebihan, maka disebut ketombe. Disarankan jangan menggaruk terlalu keras, agar tidak terjadi infeksi pada kulit kepala. Ketombe juga bisa jadi ciri bahwa ada suatu penyakit pada seseorang. Beberapa bahan berikut ini dapat mengatasi ketombe, tanpa efek samping. Lemon. Lemon kaya akan Vitamin C, yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Lemon iris tipis-tipis, peras airnya lalu usapkan pada kulit kepala. Daging bekas perasan tadi gosokkan juga pada kulit kepala. Diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo, dan kemudian bilas lagi. Cuka. Cuka hasil fermentasi dari Ethanol dengan bakteri Acetic Acid. Kedua unsur ini yang bekerja untuk melawan bakteri jahat, yang menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya, ambil 1 sendok makan cuka. Campur dengan 3 sendok makan minyak, gosokkan pada kulit kepala. Apel hijau. Parut apel hijau dengan kulitnya, saring airnya, lalu usapkan pada kulit kepala diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo dan bilas lagi hingga bersih. Lakukan dua hari sekali hingga ketombe benar-benar hilang. Vitamin C dalam apel menjaga kelembapan kulit kepala. Garam. Ambil garam halus secukupnya, gosokkan pada kulit kepala, tunggu beberapa menit. Bilas dengan air bersih, beri samphoo dan bilas lagi. Soda kue. Basahi sedikit rambut anda, ambil segenggam soda kue dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit, bilas dengan air bersih, beri shampoo dan bilas lagi. Lakukan beberapa kali. Setelah satu minggu baru kelihatan hasilnya, kulit kepala memproduksi minyak secara alami. [Putri] (291)

Cara Membuat Pop Art Image

Membuat Pop Art Image

Kemaren-kemaren banyak pesen ke facebook dan email saya yang minta dibuatin tutorial POP ART… setelah menimbang dan memutuskan akhirnya saya buatin juga deh tutorial pop art nya pake adobe photoshop tentunya Photoshop CS 3 lagi.. hehehe..

langsung aja ..

Buka gambar / foto atau Image yang akan dibuat pop art..

Double click layer background dan beri nama..

Buat layer baru, pindahkan ke paling bawah.. ini nanti fungsinya sebagai background.

Sekarang gukanan PenTool untuk menyeleksi objek yang akan dibuat POPArt.perhatikan settingan nya seperti gambar dibawah.

Kalo udah terseleksi semua.. klik kanan di area gambar pilih Make selection.

Gambar sekarang dalam keadaan terseleksi.. Karena kita mau menghilangkan background nya.. kita harus menyeleksi object di belakang gambar.. Klik Select > inverse , Lalu ketan tekan delete

hasil remove background :

Dulikat layer gambar atau layer object dengan menekan CTRL + J, otomatis akan terbentuk layer baru dengan nama Object copy.

Buat duplikat nya menjadi hitam putih.. tekan CTRL + SHIFT + U untuk desaturate ( membuat hitam putih ) atau klik Image > Adjustment > Desaturate.

Klik kanan layer object copy > Duplicate layer

karena kita pilih NEW maka akan terbentuk dokumen baru … ini nanti kunci untuk membuat popart nya..

di dokumen baru ..

klik Image > adjustment > shadow/highlight

*Shadow highlight ini fungsinya nanti untuk memberikan efek detail pada warna-warna yang gelap.. misal rambut..

Klik Image > Adjustment > Threshold

Geser-geser slidernya supaya dapet gambar yang bagus dengan detail yang bagus juga..

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

Klik Image > Mode > Grayscale

Klik Image > mode > Bitmap

Klik Flatten Layer

Halftone screen nya diset seperti dibawah :

bagus kan hasilnya..

Sekarang kita musti membuat Mode image menjadi RGB …

Klik Image > mode > Grayscale

Klik Image > Mode > RGB

Kalo udah jadi RGB sekarang kita bisa export ke dokumen yang sedang kita garap.. caranya ?

Klik kanan layer background > Duplicate layer , Dokumen nya pilih file dokumen yang sedang kita garap..

Keliatan background putihnya.. Trim bagian background putih nya..cara nge TRIM nya..

gerakan kursor mouse ke antara layer background dan layer object copy sambil tekan tombol ALT.

kalo udah keliatan ada 2 lingkaran putih dan hitam..klik .. itu namanya nge TRIm.. :D

kalo bener ngerjain nya background putihnya akan hilang..

Sekarang tinggal proses pewarnaan aja ..

Mewarnai cuman menggunakan Brush tool aja kok.. jadi gak ribet..

Buat layer baru di paling atas

Layer mode nya pilih MULTIPLY..

warna pake warna kulit sesuai kode di gambar

Warnai daerah muka dan badan, kalo ada tangan, warnain juga.

dengan cara yang sama , warnain bibir nya, jangan lupa buat layer baru yah

Sekarang warnain Highlight Rambut

Terakhir warnain baju nya

Sekarang warnain background nya… pilih layer paling bawah…

warnai pake Paint bucket TOOL , warna terserah aja ..sesuka hatimu lah hehehehe…

Dan hasilnya setelah di CROP :

Artikel Membuat Pop Art Image ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials