Minggu, 06 September 2015

Puding Castard Fruit Cocktail


1 cawan tepung castard
5 cawan air ( dah termasuk air fruit cocktail )
5 sudu besar gula pasir

Cara2 nya :
Tapis fruit cocktail
Ambil airnya jadikan 5 cawan
Bancuh air tadi dengan tepung castard dan masukan gula
Kacau atas api perlahan hingga masak dan berkilat
Tuang dalam acuan yang disukai
Sejukan sebelum dimakan dengan kuahnya.

Kuahnya :
1 tin susu cair
1/2 cawan gula
2 helai daun pandan
Campur semua bahan2
Kemudian dipanaskan atas dapur hingga naik wap ( jangan dimasak hingga mendidih ye )

Terima kasih Majalah Asuh atas perkongsian


Sumber  Resepi Sahabat

Puding Cendol


Bahan-bahan ( 10 x 10 x 1 inci )

Bagi Lapisan Bawah
500ml air
180gm gula pasir
300ml santan pekat
10gm agar - agar powder
500gm cendol
sedikit garam
Bagi Lapisan Atas
500ml air
200gm gula merah
300ml santan pekat
10gm agar - agar powder
1 biji kuning telur
sedikit garam

Cara-cara

Bagi Lapisan Bawah
Masakkan air, agar-agar powder dan gula sehingga mendidih.
Masukkan santan dan garam. Biarkan mendidih sedikit.
Masukkan cendol. Kacau sedikit. Angkat. Tuangkan kedalam acuan. Tips : untuk acuan. Basahkan dengan sedikit air. Lapikkan dengan plastic (saiz plastic mestilah lebih besar dari acuan) supaya mudah keluarkan dari acuan nanti untuk dipotong.
Bagi Lapisan Atas
Masakan gula merah dengan sedikit air (drp 500ml dalam resepi ye) sehingga gula hancur. Tapiskan air gula.
Masukkan air gula + baki air dan agar-agar powder. Masak sehingga mendidih.
Kocoh kuning telur di dalam santan. Tuangkan santan kedalam adunan. Masukkan garam. Biar mendidih sekejab. Padamkan api.
P9070107
Tips : Sebelum tuang adunan atas, pastikan adunan bawah sudah keras dan cucuk dengan garpu di serata adunan.
Tips 2 : Tuang adunan lapisan atas perlahan-lahan. Sebaik-baiknya tahan adunan dengan sudu supaya adunan jatuh dengan perlahan.


Puding Kacang Merah.

..
BAHAN:
1 cwn Kacang Merah
1 packet / 13g Serbuk Agar-Agar
1 liter Air
240g Gula
1 tin Susu Cair - atau tukar kepada santan
1 sb Tpg Jagung
1 heai Daun Pandan
Sediki Pewarna Merah Jambu
secubit garam

CARANYA
Rebus kacang sehingga empuk.
Ambil 1/2 cwn & ratakan ke dlm acuan.
Blend baki kacang dgn susu, tpg jagung & pewarna sehingga sebati.
Letakkan serbuk agar-agar, air, gula & daun pandan ke dlm periuk & masak sehingga hancur.
Sendukkan +/- 1/2 cwn & tuangkan ke atas kcg merah dlm acuan tadi.
Masukkan campuran kcg merah yg di mesin tadi ke dlm agar2 & masak sehingga mendidih.
Biarkan lapisan kcg merah tadi mengeras sedikit sebelum di tuangkan masakan agar2.
Biar agar2 sejuk di suhu bilik sebelum di masukkan ke dlm peti sejuk.
Hidangkan sejuk.

Resepi: Jamilah Yatie

Puding Caramel




Bahan-bahan

400cc(400ml) susu segar/susu cair
5 sudu besar gula halus
3 biji telur- pada suhu bilik
2 biji telur kuning-pada suhu bilik
2-3 titik esen vanila
[ KARaMEL ]
5 sudu besar gula
2 sudu besar air

Cara-cara

Sediakan karamel: Masukkan gula ke dalam periuk dengan 1 sudu besar air. Masak di atas api sederhana. Bila nampak sedikit perang, masukkan 1 sudu lagi air. Masaklah sehingga perang. Tuang ke dalam loyang. Ketepikan.

Masukkan telur dan kuning telur ke dalam mangkuk. Sambil dikacau masukkan gula sedikit demi sedikit. Kacau dengan perlahan sehingga sebati. Jangan biarkan berbuih.

Dalam periuk lain masukkan susu dan esen vanila. Panaskan sehingga 60 degree. Jangan sampai mendidih.

Dengan susu yang masih panas lagi, masukkan sikit demi sedikit susu ke dalam telur tadi. Kacau sehingga sebati. Tuang ke dalam loyang yang ada karamel tadi.

Tutupkan loyang dengan 2 lapis aluminium foil. Kukus dengan api sederhana selama 30 minit

Atau boleh juga dibakar di dalam oven. Tapi perlulah diletakkkan air suam ke dalam dulang pembakar. Bakar selama 40-45 minit pada suhu 150 degree.

Bila dah masak. Jangan buka aluminium foil. Biarkan 5 minit. Kemudian bolehlah dibuka.

Bila sejuk bolehlah disimpan dalam peti ais
makan jangan lupa baca doa & bismillah..hehe

https://www.facebook.com/1447497472223009/photos/a.1448670285439061.1073741836.1447497472223009/1448672638772159/?type=3&theater

PUDING TEMBIKAI


by: Kak Long Lyn
sumber: Nieza

1 paket agar2 serbuk (dalam 15gm)
2 keping roti gardenia
6 cawan air
1 1/2 cawan gula (kurangkan kalau x suka manis) ita letak 1 1/4 cwn
1/2 tin susu pekat
2 sudu besar mentega
1 sudu kecil esen vanila
cincau- dipotong kecil (utk dibuat biji tembikai)
*kalo takde cincau, ambik sikit agar2 tu, warnakan hitam, bila beku, potong kecik2

Rebus agar2 ngan air..
Bila sudah larut masukkan gula..
Apabila mendidih masukkan mentega..
Kemudian masukkan susu..
Ambil sedikit adunan agar2 ni kemudian blendkan ngan roti sampai sebati..
Kemudian tuang semula kedalam agar2 tadi..kacau rata...
Dlm bekas lain bubuh sedikit warna hijau..masuk ke dalam loyang...jangan banyak sangat cukup untuk buat kulit dia je...biar beku skit je jangan beku sangat nnt x melekat pulak bila bubuh warna lain..
Lepas tu letak adunan plain untuk buat kulit yang warna putih pulak...biar beku sedikit..
Kemudian letak adunan warna merah pulak...
Tabur cincau untuk buat biji tembikai..biar beku betul2...sedap dimakan sejuk2

PUDING COKLAT CARAMEL


BAHAN-BAHAN
Bahan A

½ cawan gula-buatkan caramel

Bahan B

1 tin susu cair
1 cawan air
4 biji telur
1 sudu kecil esen vanilla
4 sudu besar gula perang
1 sudu besar serbuk koko
3 sudu besar tepung jagung
Hiasan-buah laici dalam tin

CARA MEMBUAT
1. Gaulkan semua bahan B dan tapiskan dalam loyang yang berisi caramel.
2. Kukuskan selama 30 minit dengan api sederhana.
3. Sejukkan dan terbalikkan dalam pinggan besar.
4. Hiaskan dengan buah laici atau sebarang buah koktel.

Blog: cekwo95.blogspot.com


AGAR-AGAR KASTAD JELLY


Sumber:syalina_yahya@myresipi.com
Bahan-bahan:
500ml air
220g gula pasir
1tin susu cair
3 sb (rata) tepung kastad + bancuh dengan 1/2 cawan air
1 paket (11 g) serbuk agar-agar -(saya buat yang 10g )
2 paket sumi jelly (dibelah dua)- saya tak belah

Cara-cara:
1.Dalam periuk masukkan air,gula,susu cair .Masak hingga mendidih.
2.Kemudian masukkan bancuhan tepung kastad,kacau seketika dan masukkan serbuk agar-agar.
3.Masak hingga mendidih dan pekat.Tapiskan ke dalam loyang.
4.Tunggu sehingga suam barulah dimasukkan jelly tadi (kalau masuk panas-panas jelly akan cair),susun jelly ikut kreativiti.
5.Sejukkan dalam peti ais baru sedap dimakan.


Sumber : Resepi Sahabat

AGAR-AGAR MILO LAPIS OREO





Sumber:AlongRoz@HomeKreation

Bahan-bahannya:
1 bungkus agar-agar serbuk (10gm)
750ml air
160gm gula
3/4 cawan milo
1 tin susu cair
1 bungkus biskut Oreo dibuang krim dan dipatah-patahkan

Cara-cara:
1.Masukkan air,gula ,serbuk agar-agar dan susu cair ke dalam periuk.Kacau sekejap bagi serbuk agar-agar tidak berketul kemudian didihkan.

2.Apabila mendidih,asingkan dua cawan ke dalam periuk lain dan campurkan dengan milo.

3.Ambil satu cawan campuran milo dan tuang ke dalam acuan.Biarkan keras seketika.
4.Tuang campuran susu sahaja dan taburkan biskut oreo yang telah dipatah-patahkan tadi ke atas campuran susu.Biarkan mengeras tetapi jangan terlalu keras.
5.Akhir sekali tuang baki satu cawan campuran milo tadi keatasnya.Biarkan keras .

ANEKA RESEP PUDING

Sahabat dan bunda - bunda ....
Berikut akan saya upload kumpulan resep yang bersumber dari 
https://www.facebook.com/pages/Resepi-Sahabat/1447497472223009?fref=photo

Semoga bisa menambah koleksi resep para bunda yaaa....
Selamat mencoba


















" SOP BUNCIS GULUNG DAGING "



Bahan 1:
* 200 baby buncis
* 200 g daging, iris tipis panjang
* 1/2 sdt merica bubuk
* garam secukypnya

Bahan 2;
* 750 ml air
* kaldu bubuk rasa sapi
* 100 g wortel, iris sesui selera
* 100 g kembang kol
* 1 batang daun bawang, iris kasar
* 2 batang seledri, iris kasar
* 1 sdm bawang putih goreng, hancurkan
* 1 sdm bawang merah goreng
* garam secukupnya
* 2 sdm kecap asin

Cara Membuat :

1.) Rebus air sampai mendidih, masukan daun bawang, seledri, dan kecap asin. diamkan sesaat.

2.) Potong dua bagian baby buncis kemudian gulung 5 buah buncis dengan daging yg sudah diberi garam Dan merica bubuk. masukan kedalam rebusan air mendidih beserta sisa bahan No 2.

3.) Masak hingga semua bahan empuk & matang.

4.) Angkat & Sajikan. dengan taburan bawang merah + putih goreng.

Sumber : Resep Masakan Ibu

" DADAR GULUNG ISI PISANG "




Bahanya;
* 150 g tepung terugu
* 15 g tepung maezena
* 2 butir telur
* 1/2 sdt garam
* 1 sdm gula
* 250 ml santan / diganti susu cair jg blh
* pewarna hijau makanan

Isian;
* Pisang kepok matang, potong sesui selera, tumis sebentar dgn mentega sampai berubah warna.

* Selai Srikaya secukupnya

Cara Membuatnya:

1.) Dadar :
Campur semua bahan kering, lalu masukan telur. aduk dengan whisk, lalu masukan santan / susu. aduk hingga tercampur rata. kalau kurang encer bisa ditambah sesui kebutuhan.

2.) Dadar adonan kedalam teflon yg sebulumnya diolesi minyak / margarin, lakukan sampai adonan habis.

3.) Olesi selesai diatas dadar, kemudian ksh isian pisang , lalu gulung.


Sumber Resep Masakan Ibu

~ Tips Turunkan Berat Badan.


Caranya:
* pagi pagi perut kosong, minum air hangat + 1-2 sdt madu + perasan lemon.
semakin banyak air yg diminum, semakin cepat membakar lemak.

* Lakukan setiap pagi.

Sumber Resep Masakan Ibu

" FRUIT POPSICLES "



Bahanya:
* 1/2 buah nanas
* 1 buah mangga
* 1 cangkir jus jeruk segar
* air matang secukupnya
* susu cream kental manis, secukupnya

Pelengkap:
* Irisan buah kiwi.

Cara Membuatnya:

1.) Blender semua bahan jadi satu hingga benar2 halus.

2.) Masukan irisan buah kiwi kedalam cetakan es kriem bertangkai, lalu tuangi bahan yg sudah diblender tadi.

3.) Masukan kedalam frizer, simpan sampai membeku & mengeras

Sumber https://www.facebook.com/pages/RESEP-MASAKAN-IBU/1500784126879139?fref=photo

" MIE GORENG "


Bahanya;
* 1 bungkus mie telor, rendam air panas, angkt, tiriskan
* 2 batang sawi hijau, potong potong
* 2 batang daun bawang, potong potong
* 1/2 buah wortel, potong korek api
* 100 g udang kupas
* 100 g daging ayam, potong potong
* 1 sdm saos tiram
* 1 sdm kecap manis
* 1 sdm saos tomat
* 1 sdm saos cabe
* 1 sdt merica bubuk
* garam secukupnya
* air secukupnya

Bumbu Halus;
* 5 buah bawang merah
* 3 siung bawang putih

Cara Memasaknya;

1.) Tumis bawang bumbu halus hingga harum, masukan ayam, lalu udang. tumis hingga ayam + udang berubah warna.

2.) Tuangi sedikit air aduk rata, masukan wortel, sawi, tambahkan kecap manis, saos tiram, saos cabe & saos tomat & garam, aduk rata.

3.) Setelah sayuran matang, masukan mie , daun bawang & merica bubuk. aduk sampai rata, Dan matang.

4.) Angkat & sajikan dgn taburan bawang goreng diatasnya.

Sumber : Kumpulan Resep Masakan Ibu

" SAMBAL GORENG PETAI "



Bahanya :
* 3 papan petai, kupas
* 3 sdm minyak untuk menumis 
* gula + garam secukupnya

Bahan Dihaluskan:
* 10 buah cabe rawit
* 5 buah cabe merah kriting
* 7 buah bawang merah
* 5 siung bawang putih.

Cara Membuatnya :

1.) Tumis bumbu halus hingga harum,

2.) Masukan petai, garam & gula. aduk rata, masak sebentar lalu angkat.


Sumber Resep Kumpulan Ibu

" TAHU KOSONG "

Bahanya:
* 5 buah tahu putih 
* 1 putih telur
* 1/2 sdt baking powder

Bumbu Yg Dihaluskan;
* 5 siung bawang putih
* 1 sdm ketumbar
* 1/2 sdm merica
* 1 bungkus royco ( jika suka )
* garam secukupnya

Cara Membuatnya;

1.) Haluskan tahu, peras dgn kain tipis sampai benar benar kering. Lalu masukan semua bumbu halus, putih telur & baking powder. aduk rata .

2.) Bentuk bulat sebesar bakso, karna tahu akan mengembang jika digoreng.

3.) Panaskan minyak dgn api kecil sampai panas, masukan tahu yg sudah di bentuk bulat. goreng sekitar 20 menit atau sampai tahu mengembang sempurna.

4.) Jika waktu menggoreng kurang, tahu akan mengkerut. dan dlm nya tdk kosong. angkat & tiriskan.

⏩ Sambal;
* 3 buah bawang merah, iris tipis
* 3 buah cabe rawit merah, iris tipis
* 3 buah cabe rawit hijau, iris tipis
* 3 sdm kecap manis
* 1 sdt air jeruk lumau

Campur semua bahan jadi satu.


https://www.facebook.com/pages/RESEP-MASAKAN-IBU/1500784126879139?fref=photo

Rabu, 21 Januari 2015

Cara Membuat Onde-onde Wijen Isi Kacang Hijau

cara membuat onde-onde
Onde-onde merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang cukup digemari masyarakat. Penganan kecil ini kabarnya berasal dari wilayah Mojokerto, oleh sebab itu kota tersebut kemudian dijuluki Kota Onde-onde. Ada beragam jenis onde-onde, namun yang paling banyak dijumpai adalah jenis onde-onde wijen dengan isian tertentu seperti kacang tanah, kacang hijau dan juga kelapa. Bahan utama pembuatan onde-onde adalah tepung ketan. Bahan inilah yang kemudian membuat onde-onde terasa kenyal saat dikunyah. Pernah mencoba onde-onde? Jika belum, tak ada salahnya membuat makanan kecil khas nusantara yang satu ini langsung dari dapur Anda. Berikut kami sajikan cara membuat onde-onde wijen isi kacang hijau yang praktis dan nikmat.

Siapkan Bahan-bahan!

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan onde-onde wijen ini adalah sebagai berikut:


Bahan Isi Onde-onde
  1. Kacang hijau sebanyak 250 gram. Buang kulitnya dan kemudian rendam di air yang dingin kurang lebih 4 jam.
  2. Garam sebanyak ½ sendok teh.
  3. Gula pasir sebanyak 100 gram.
  4. ¼ sendok teh vanilla bubuk
Bahan Untuk Kulit Onde-onde
  1. Tepung ketan sebanyak 500 gram.
  2. tepung beras sebanyak 75 gram
  3. Gula pasir sebanyak 250 gram
  4. Vanilla bubuk sebanyak ½ sendok teh
  5. Garam bubuk sebanyak 1 sendok teh
  6. Air hangat matang kurang lebih 150 mililiter.
  7. Wijen putih sebanyak kira-kira 200 gram atau secukupnya.
  8. Minyak untuk menggoreng onde secukupnya.
Mari Meracik Onde-onde Anda!

Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan siap, saatnya membuat onde-onde a la Anda. Tahapan pembuatan onde-onde dibagi atas dua yakni:

Cara membuat onde-onde bagian isi:
  1. Setelah kacang hijau direndam, selanjutnya direbus dengan air secukuonya hingga ia matang dan empuk.
  2. Selanjutnya masukkan perisa vanilla, garam dan juga gula. Aduk terus menerus.
  3. Masukkan air matang secara bertahap sambil diaduk hingga kacang hijau empuk dan terlihat mengering.
  4. Terakhir, angkat dan sisihkan.
Cara Membuat onde-onde bagian kulit:
  1. Campurkan tepung beras dan juga tepung ketan di dalam sebuah wadah. Masukkan juga bahan lain seperti vanilla bubuk dan garam. Aduk hingga semuanya tercampur dengan sempurna.
  2. Selanjutnya masukkan air hangat tadi sedikit-sedikit hingga campuran bahan pada langkah pertama menjadi sebuah adonan. Aduk-aduk hingga adonan menjadi kalis.
  3. Selanjutnya uleni adonan tadi hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  4. Setelah itu, ambil adonan tadi dan bentuk pipih bulat. Ambil bagian isian dan masukkan pada bagian tengah adonan yang pipuh tadi. Bentuk bulat merata.
  5. Wijen putih ditaruh di dalam wadah, dan onde-onde yang dibulatkan tadi digulingkan di atas wijen hingga menutupi semua badan onde-onde.
  6. Selanjutnya, panaskan minyak goreng di atas api sedang. Dan masukkan onde-onde. Setelah berwarna keemasan, angkat dan tiriskan.
Bagaimana, cara membuat onde-onde wijen dengan isian kacang hijau ini sangat mudah bukan? Silahkan dicoba di rumah Anda. Onde-onde ini nikmat disantap dalam keadaan hangat bersama keluarga Anda. Selamat mencoba ya! 
 
 http://sejutacarasaya.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-onde-onde-wijen-isi-kacang.html

Cara Mudah Membuat Manisan Mangga Kering

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang mudah dijumpai di Negara tropis termasuk Indonesia. Buah dengan cita rasa nikmat ini banyak digemari. Biasanya ia dikonsumsi dalam ragam cara. Kebanyakan, buah mangga yang telah masak dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Sementara itu, buah mangga yang masih mengkal dan muda biasanya dioleh menjadi kuliner tertentu agar lebih nikmat. Tak semua orang memang menyukai rasa kecut pada mangga muda. Jika Anda juga demikian, tak ada salahnya mengolah mangga muda Anda agar lebih nikmat. Salah satu rekomendasi terbaik adalah manisan mangga. Berikut kami sajikan cara membuat manisan mangga kering paling praktis untuk Anda coba di rumah.

Siapkan Bahan-bahan!



Bahan Utama Manisan Mangga
  1. Mangga muda atau yang mengkal sebanyak 5 buah.
  2. Gula apasir sebanyak 1,5 kilogram.
  3. Citrus Acid sebanyak 30 gram.
  4. Anti-oksidant sebanyak 1,5 gram.
  5. Sodium benzoate sebanyak 3,5 gram.
  6. dan air bersih sebanyak 3 liter.
Bahan Perendam Manisan Mangga
  1. Sodium Benzoat sebanyak 3,5 gram.
  2. Citrus Acid sebanyak 25 gram.
  3. Gula pasir sebanyak 2 kilogram
  4. Air bersih sebanyak 3 liter
Mari Membuat Manisan Mangga
Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan telah siap, saatnya kita meracik manisan mangga. Adapun cara membuat manisan mangga kering sebagai berikut:
  1. Pertama, bersihkan mangga dan kupas kulitnya. Pisahkan daging buah dari biji. Cuci kembali dan potong atau serut sesuai dengan selera Anda.
  2. Selanjutnya, panaskan air hingga mendidih dan kemudian angkat. Masukkan anti-oksidant dan aduk hingga rata. Selanjutnya, masukkan mangga dan rendam selama 5 menit. Setelah itu, angkat mangga dan tiriskan.
  3. Langkah selanjutnya adalah mencampur semua bahan-bahan perendam manisan mangga. Panaskan hingga mendidih. Kemudian angkat dan dinginkan. Selanjutnya, masukkan mangga yang tadi ditiriskan ke dalam bahan larutan perendam manisan tadi. Biarkan selama kurang lebih 12 jam. Selanjutnya kembali angkat dan dinginkan.
  4. Larutan perendam tadi jangan dibuang sebab akan dicampurkan kembali dengan gula sebanyak 1 kilogram dari bahan utama. Campurannya kemudian dipanaskan kembali dengan suhu sekitar 70 sampai 80 derajat celcius dengan durasi 10 menit, kurang lebih. Setelah itu, angkat dan dinginkan larutan tersebut. Terakhir, kembali masukkan mangga ke dalamnya dan rendam lagi selama 12 jam penuh. Setelah genap 12 jam, angkat dan tiriskan mangga.
  5. Agar mangga kering, masukkan ke dalam mesin pengering atau bisa juga oven dengan suhu sekitar 60 derajat celcius. Panggang selama 4 jam.
  6. Setelah dipanggang, mangga tersebut kemudian dicampur dengan sisa gula pada bahan utama sebanyak 500 gram. Diaduk sampai merta dan kembali dipanggang selama kurang lebih 3 jam. Angkat mangga dan dinginkan. Setelah dingin, segera kemas atau masukkan ke dalam stopless.
Bagaimana, cara membuat manisan mangga ini sangat mudah bukan? Jika Anda sedang mencari peluang usaha, manisan mangga ini boleh jadi merupakan ide yang baik. Selamat mencoba di rumah masing-masing ya! 
 
 http://sejutacarasaya.blogspot.com/2013/05/cara-mudah-membuat-manisan-mangga-kering.html

Fondant Tanpa Gelatin


Sebelumnya suka ragu kalau mau menghias kue pakai fondant, karena bahan dasarnya yang mengandung gelatin (yang terbuat dari tulang binatang).  Sementara bila membuat fondant sendiri, susah juga nyari gelatin halalnya.

Karenanya aku googling nyari resep cara membuat fondant sendiri tanpa gelatin. 
 
Bahan : 30 ml air , 30 ml air perasan jeruk nipis, 60 gram mentega/margarine putih , 750 gram icing sugar (gula halus sekali).

Caranya : rebus air, air jeruk nipis dan mentega putih hingga mendidih, masukkan 250 gram gula halus hingga gula larut. Matikan api, masukkan sisa gula bertahap sambil diaduk hingga adonan mudah dibentuk.  Simpan di tempat yang tertutup rapat.

Tips :
- bila adonan sudah bisa dibentuk sementara gula belum habis, hentikan saja penambahan gula
- bila setelah penambahan warna (dengan pewarna yang water base) adonan jadi sedikit lembek, bisa ditambahkan lagi gula halusnya sampai tercapai kepadatan yang dikehendaki.
- bila adonan terlalu keras sehingga susah dibentuk, tambahkan sesendok mentega putih cair, aduk hingga rata dan adonan mudah dibentuk, bila masih saja belum bisa dibentuk, tambahkan lagi mentega putih cairnya.
- bila adonan terlalu lembek, tambahkan gula halus lagi.

Selamat menghias kue !


http://innurisulamono.blogspot.com/2014/04/fondant-tanpa-gelatin.html

Fondant atau juga disebut plastic icing atau kadang dinamakan juga pasta gula adalah bahan untuk membuat dekorasi cake yang agak elastis dengan begitu sangat mudah dibentuk menurut selera. Umumnya fondant dipakai untuk menutupi cake maupun dipakai untuk membuat ornamen pada cake misalnya membuat pita, renda renda, bunga atau figurine. Fondant terbuat dari paduan gula, gelatine, glycerine, glucose dan shortening dimana komposisi terbanyak ialah gula oleh karena itu fondant berasa manis. Terkadang adonan pun mesti diberikan bahan tambahan semacam gum agar adonan fondant jadi lebih kuat. Resep Kue, resep fondant tanpa gelatin,resep fondant mudah,resep fondant plastic icing,resep fondant ncc,resep fondant sederhana,resep fondant coklat,resep fondant cupcake,resep fondant marshmallow, Di pasaran dijual fondant siap pakai dengan merek terkenal yaitu FonDX dan Bakels. Fondant siap pakai tampilannya menyerupai play dough atau lilin malam mainan anak anak. Yang membedakan adalah adonan dasar fondant ini mempunyai warna putih. Ketika masih dalam kemasan plastik umumnya agak keras oleh karena itu untuk memakainya mesti diuleni lebih dahulu hingga lembut. Untuk memperoleh fondant warna warni anda mesti mencampur dulu menggunakan pewarna makanan, apakah itu pewarna makanan water base ataupun oil base. Namun yang paling baik ialah pewarna makanan berbentuk pasta atau gel yang seringnya adalah impor dengan merek Wilton. Harganya cukup mahal bila dibanding pewarna makanan lokal. Bila fondant berharga mahal, kenapa anda tak membuatnya sendiri? Memang cara mmbuat fondant itu agak ribet namun ada kepuasan tersendiri jika anda berhasil membuatnya. Yuk ikuti cara membuat fondant berikut ini : Bahan bahan : 1 kg gula halus 10 gram gelatine serbuk 6 cc glycerine yang dapat dibeli di apotik. Bahan ini aman dikonsumsi karena dibuat dari turunan gula 120 cc sirup gula yang dibuat dengan memanaskan 100 gram gula pasir dengan 100 cc air sampai mendidih 60 cc air dingin 5 tetes perisa, sesuai selera anda, ada perisa vanilla, sitrun, atau yang lainnya Tepung maizena seperlunya 1/4 sendok teh garam Cara membuat fondant : Gelatine serbuk ditambahkan air dingin, diamkan sampai air terserap gelatine. Sirup gula dipanaskan dan kemudian tambahkan gelatine, glycerine, garam dan perisa makanan. Aduk aduk adonan sampai semua larut merata. Tunggu sampai adonan mendingin. Gula halus disebarkan pada meja. Buatlah lubang pada tengah tengah gula halus tadi. tambahkan sirup gula berperisa tadi ke dalam gula halus di atas meja tadi. Aduk aduk memakai spatula sampai rata. Anda jangan mengaduknya memakai tangan sebab adonan tersebut sangat lengket. Sesudah tercampur rata, taburi adonan menggunakan tepung maizena. Bentuk adonan itu membentuk bulatan bulatan. Bungkus menggunakan plastik. Tempatkan pada temperatur kamar. Fondant yang sudah jadi tadi disimpan semalam sebelum dapat dipakai.

Source URL: http://tipscaramembuat.blogspot.com/2014/03/resep-cara-membuat-fondant.html
Visit Cek Cek Paket, Cek Kuota, Cara daftar, Paket Internet, Paket Blackberry, Speedy, Indosat, Axis, Telkomsel, Smartfen, Tri (3), Esia, XL Hotrod 3g, aon, cek pulsa

Cara Mudah Membuat Fondant


cara membuat fondant

Trend kue pernikahan maupun ulang tahun yang dipermanis dengan menggunakan fondant memang sedang menjamur akhir-akhir ini. Boleh jadi alasannya dikarenakan tampilan kue dengan fondant jauh lebih elok dipandang mata. Selain itu, kue jauh lebih praktis dihias dan dibentuk. Banyak para pembuat kue yang berpendapat bahwa penggunaan fondant jauh lebih praktis ketimbang butter cream untuk menghias kue. Untuk mendpatkan fondant juga cukup mudah. Anda tinggal mendatangi toko perlengkapan bahan-bahan kue. Mereka biasanya menyediakan fondant siap pakai. Lantas bagaimana dengan Anda yang sukar mendapatkan fondant? Jangan cemas, berikut kami rangkup cara membuat fondant yang bisa Anda coba di rumah Anda.

Siapkan Bahan-bahan!

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat fondant adalah sebagai berikut:

  1. Gula bubuk sebanyak 1 kilogram.
  2. Gelatin bubuk (pilih yang telah mendapatkan label halal dari MUI) sebanyak 10 gram.
  3. Gliserin sebanyak 6 mililiter. Bahan yang satu ini bisa dibeli di toko kue pun apotik. Ia merupakan pemanis buatan yang aman dikonsumsi manusia.
  4. Sirup gula sebanyak 120 mililiter. Anda juga pada dasarnya bisa membuatnya sendiri, caranya cukup masak gula pasir sebanyak 100 gram bersama dengan 80 mililiter air. Masak hingga gula kemudian larut bersama air.
  5. Air dingin sebanyak 60 mililiter.
  6. Tetes Aroma bisa pisang, vanilla, zitrone atau sesuai dengan selera Anda. Untuk resep fondant ini, hanya dibutuhkan 5 tetes saja.
  7. Tepung maizena, secukupnya.
  8. Garam bubuk sebanyak ¼ sendok teh.
Mari Membuat Fondant!

Setelah semua bahan-bahan siap, saatnya Anda memulai langkah pembuatan fondant. Cara membuat fondant ini sebagai berikut:
  1. Pertama, gelatin bubuk yang telah disiapkan dituang ke dalam wadah dan kemudian ditambahkan air sebanyak 60 mililiter tadi dan diamkan hingga gelatin menyerap air tersebut.
  2. Selanjutnya, sirup gula yang sedang dalam keadaan hangat di masukkan ke dalam gelatin bersama dengan gliserin sebanyak 6 mililiter, tetes aroma sebanyak 5 kali dan juga garam bubuk secukupnya. Aduk semua bahan tersebut hingga rata sempurna. Diamkan cairan ini hingga dingin.
  3. Langkah berikutnya adalah menambahkan gula bubuk. Caranya, tuang gula bubuk pada wadah yang lebar (di meja yang untuk uleni juga bisa). Pada tengah bubuk gula tersebut dibuat sebuah lingkaran. Kemudian, cairan gliserin dan bahan lain yang dibuat pada langkah sebelumnya dituangkan tepat di tengah gula bubuk tersebut. Pastikan Anda meratakan cairan tersebut dengan gula memakai spatula atau scrabber. Jangan pakai tangan sebab akan lengket dan juga kurang steril.
  4. Langkah terakhir adalah menambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit pada campuran di langkah sebelumnya. Jangan terlalu lembek dan juga terlalu keras. Setelah jadi, adonan (yang disebut fondant) tersebut sebaiknya dibentuk bulatan dan dibungkus dengan plastik. Seimpan di dalam ruangan dengan suhu normal semalaman penuh. Keesokan harinya, fondant Anda sudah siap digunakan.
Bagaimana, cara membuat fondant cukup mudah bukan? Kini Anda sudah bisa menghias kue spesial untuk hari yang juga spesial dengan fondant buatan Anda sendiri. Selamat berkreasi ya! 
 
 http://sejutacarasaya.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-fondant.html

Cup Cake itu apa seh????

(artikel ini aku dapat dari sebuah site di internet dan diambil inti artikelnya..)

Berkenalan dengan Si Cantik Cupcake
Bentuknya cantik dan rasanya nikmat. Cupcake bagaikan miniatur dari cake besar yang ditempatkan dalam cup-cup dari kertas beraneka warna. Cupcake mempunyai penampilan yang menarik karena dikemas dalam wadah-wadah kecil nan cantik, hingga pantas disajikan untuk pesta. Kini cupcake sedang booming, banyak digemari baik sebagai snack ataupun sebagai dessert.

Sejarah Cupcake
Berkembang di Amerika, pada abad ke-19, cupcake mungkin memiliki ukuran mini, tapi tidak harus selalu begitu. Dijuluki demikian karena bahan-bahan yang dipergunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang.

Tradisi ini selanjutnya berkembang menjadi kebiasaan. Awal mulanya, cupcake sering pula disebut kue “angka”, karena takaran pengukurannya sangat mudah diingat. Misalnya, satu mangkok mentega ditambah dua mangkok gula pasir ditambah tiga mangkok tepung ditambah semangkok susu dan satu sendok soda kue.

Berkembang kemudian orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dalam wadah kaleng yang disebut Muffin tins, yang mulai populer sekitar abad ke-20. Dewasa ini, cupcake sudah menjadi sangat bervariasi, mulai dari komposisi bahan baku, ukuran, bentuk dan dekorasi.
Variasi Cupcake
Keunikan Cupcake adalah bentuknya yang mungil dan cantik, dan rasanya yang enak. Ketika membeli kue ini, sayang rasanya untuk memberi gigitan pertama karena bentuknya yang begitu menggemaskan.

Cupcake banyak dijadikan pilihan untuk hantaran natal, idul fitri, tahun baru, perayaan kelahiran bayi, goodie bag, bayi satu bulan, ulang tahun, bahkan untuk pesta pernikahan.

Cupcake tersedia dengan bermacam-macam tampilan dan rasa. Baik bentuk dan tampilan cupcake pun bisa disesuaikan dengan momen yang ada: hiasan badut untuk ulang tahun, ketupat dan masjid untuk lebaran, atau bunga romantis untuk sang pujaan hati.

Selain bisa didandani cantik sesuai tema yang dikehendaki, cupcake juga dipandang praktis karena tidak perlu dipotong-potong sebelum dibagikan. Selain itu dengan sentuhan kreativitas, cupcake tampil cantik dapat dihias dengan butter cream, fondant, gula gula aneka warna bahkan dengan foto.

Cupcake juga bisa menggantikan birthday cake ataupun wedding cake dengan disusun diatas tier yang bertingkat.
Membuat Cupcake
Bahan dasar cupcakes adalah kue bolu. Segala macam bolu bisa dijadikan cupcakes. Intinya cupcakes adalah bolu biasa yang dikemas dalam cup cup kecil.

Tapi tentu saja pemilihan jenis bolunya harus disesuaikan dengan hiasan-hiasan diatasnya. Baik dari segi rasa, maupun kepadatan cake-nya yang berhubungan dengan kuat atau tidaknya cake tersebut menopang hiasan-hiasan misalnya 3D topper yang umumnya agak berat
.

Proses pembuatan cupcakes tidak memakan waktu yang lama, untuk 30 cupcake total dari menimbang bahan, memanggang sampai menunggu cakenya dingin dan siap untuk dihias sekitar 1.5 jam.

Menghiasnya membutuhkan waktu berbeda-beda tergantung jenis hiasannya. Yang paling mudah untuk 30 cupcake itu sekitar 30 menit. Kalau hiasannya rumit bisa makan waktu 4-5 jam, bahkan lebih.

Darimana kreasi desain untuk pembuatan cupcakenya. Bisa internet, bisa tv, bisa majalah. Tak jarang desain berasal dari customer, mereka punya ide-ide di kepala yang tinggal diaplikasikan ke cupcakes, tentunya sesuai kemampuan.

 Topping Cupcake
Ada 4 bahan utama topping cupcake:

 

Buttercream
Buttercream dapat digunakan dengan berbagai tekhnik lalu dihias dengan sprinkle-sprinkle warna warni.
Sprinkle ini edible (bisa dimakan), bentuknya bisa macam-macam. Bintang-bintang, mutiara, love, dan lain-lain, terbuat dari semacam bahan gula dan tepung namun hampir tidak ada rasanya.


 





Cooking chocolate
Bisa dilelehkan, bisa dicampur krim, bisa dibentuk dengan cetakan. Rasa Coklat merupakan rasa terfavorit konsumen.



 



Edible paper
Disini customer bisa memesan gambar dengan kualitas printer dan akan diprint di sugar paper. Tintanya menggunakan edible ink, aman untuk dimakan.
Sangat ideal untuk ulang tahun corporate, memasang foto, logo, dan lain-lain yang ingin tingkat presisinya sama persis seperti gambar aslinya.

 

Icing (3 D Cupcakes)
Icing ini bahan utamanya gula, yang bentuknya elastic dan bisa dikreasikan menjadi berbagai macam model dan warna. Hiasan dari Icing memakan waktu dan harga yang lebih tinggi dibanding model-model cupcakes yang lain.
Hiasannya biasanya berbentuk 3 dimensi. Misalnya "Thomas the tank Cupcakes", atau "Bride and Groom Cupcakes". Semua bahannya bisa dimakan karena terbuat dari icing dan pewarna yang dipakai adalah pewarna makanan yang halal.
Intinya, 3D cupcakes adalah hiasan cupcakes berbentuk 3 dimensi yang disesuaikan dengan permintaan customer. Sangat personal.


Cara Menyimpan Cupcake
Bila saat anda memesan cupcakes atau dihadiahi antaran Cupcakes dari teman, dan karenanya demikian cantiknya sehingga sayang untuk langsung dihabiskan, mungkin anda ingin tahu bagaimana cara menyimpannya dan berapa lama daya tahannya.

Cupcake yang dibuat tidak menggunakan bahan pengawet, karena kesegaran dan kebersihan bahan-bahan yang mereka pakai, cupcakes bisa tahan dalam wadah tertutup diluar kulkas selama 5 hari – 1 minggu.

Sedangkan untuk penyimpanannya tergantung jenis topper hiasannya. Kalau krim, harus masuk kulkas dengan wadah tertutup. Kalau icing, sebaiknya tidak masuk kulkas, karena kulkas bisa membuat icingnya berkeringat dan tidak kokoh lagi bentuknya.
 
http://safriyancupcake.blogspot.com/2014/01/cupcake-itu-apa-seh.html

Sekilas Mengenai Fondant

Fondant atau rolled fondant sering disebut dengan PLASTIC ICING atau kadang disebut juga dengan pasta gula (sugar paste).

Fondant adalah bahan dekorasi cake yang cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk mengcover cake dan juga digunakan untuk membuat hiasan seperti ornamen2 pada cake seperti pita, kerutan/renda, bunga juga figurine
termasuk juga kelebihan dan kekurangannya. 
Fondant dibuat dari campuran gula, gelatin, glucose, glycerin, dan shortening dengan persentase terbesarnya adalah gula sehingga rasanya manis. Kadang juga adonan harus diberi bahan tambahan seperti Gum/ gum tragacanth untuk membuat adonan fondant menjadi lebih kokoh.

Membuat adonan fondant cukup repot, maka disarankan untuk membeli adonan fondant yang siap pakai saja di toko bahan kue. Di pasaran merk fondant yang beredar ada 2 yaitu FonDX dan Bakels. 
Fondant siap pakai bentuknya seperti play dough/plastic dough atau seperti lilin mainan anak2. Hanya adonan dasar ini berwarna putih.

Saat baru dibeli dalam kemasan plastik biasanya kondisinya agak keras sehingga untuk menggunakannya harus diuleni terlebih dulu sampai lembut. 
Untuk mendapatkan fondant yang warna warni biasanya harus dicampur dengan pewarna makanan, baik yang water base maupun yang oil base dapat dipakai. Tapi yang paling bagus adalah bentuk pewarna yang berupa pasta atau gel (biasanya merk import seperti Wilton, dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan pewarna merk lokal). 
Menyimpan adonan fondant yang belum terpakai atau sisanya, harus dibungkus plastik yang rapat atau kedap udara hingga saat digunakan. Dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. JANGAN MENYIMPANNYA DI KULKAS atau FREEZER.

Fondant yang disimpan di kulkas selain mengeras, juga saat dikeluarkan akan berkeringat sehingga strukturnya menjadi rusak. 
Dalam penggunaannya, saat menguleni adonan fondant, alas maupun wadah yang dipakai ditaburi dulu dengan sedikit tepung maizena agar tidak lengket pada alas ataupun wadahnya.

Sedangkan untuk menempelkan ornamen yang juga terbuat dari fondant, cukup diolesi dengan sedikit air dengan menggunakan kuas.


Cake yang sudah dihias dengan fondant TIDAK BOLEH disimpan di kulkas tetapi sebaiknya disimpan di ruangan yang sejuk berAC sampai saat disajikan. Mengingat asal muasal fondant dari negeri sub tropis, fondant sangat tidak bersahabat dengan suhu udara yang panas dan lembab karna akan melunak bahkan meleleh.

Bila diletakkan di suhu ruang, untuk jangka waktu tertentu masih dapat tahan bentuknya tetapi untuk jangka waktu lama (lebih dari 10 jam) cake yang dicover fondant, lapisan fondantnya akan melorot dan berkerut. 
Jadi, sebelum memulai menghias cake dengan fondant... kenali dulu apa itu fondant termasuk juga kelebihan dan kekurangannya. 
 http://safriyancupcake.blogspot.com/2014/01/sekilas-mengenai-fondant.html

Cara Membuat Fondant Sendiri

Masih ingat postingku sebelumnya tentang FONDANT?? okay, sudah tau to apa itu fondant. Pada postingku kali ini akan aku jelaskan cara membuat fondant sendiri. bagi diriku, kalau beli fondant instant sangat mahal, di Manokwari belum ada yang jual fondant siap pakai. Jadi harus pesan Online, itupun ongkirnya mahal banget. jadi untuk menyiasatinya mau tidak mau ya harus bikin sendiri. 

Jika kita suka membuat bentuk-bentuk dari clay, kita juga bisa mengaplikasikan pada fondant. Fondant biasanya digunakan untuk topping kue Ulang tahun maupun cup cake. Untuk mendapatkan fondant ini kita bisa membeli adonan fondant yang sudah jadi tapi pastikan bahwa fondant itu halal karena dilihat dari bahan pembuatnya ada gelatin. Gelatin ini bisa dari sapi ataupun babi, makanya kita harus lebih hati-hati.
Kita juga bisa membuat sendiri adonan fondan yang sederhana caranya :

Bahan :
1. Gula halus 425 gr
2. Tepung maizena 75 gr
3. Gelatin 10 gr
4. Air 70 ml

Caranya:
Campurkan gelati dan air kemudian diamkan selama 10 menit lalu didihkan dengan api kecil angkat, campurka gula halus dan tepung maizena, uleni sampai kalis.

Ada lagi nih cara membuat fondan yang gak pakai gelatin
1. Mentega putih 60 gr
2. Air jeruk nipis 30 ml
3. Air 30 ml
4. Icing sugar 750 gr

Caranya :
Rebus dengan api kecil mentega, air jeruk, air sampai mendidih. Masukkan 250 gr icing sugar aduk sampai gula larut, angkat. Tambahkan icing sugar sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis dan teksturnya halus. Untuk menjadikannya bentuk yang bermacam-macam cukup tambahkan pewarna kue sesuai dengan selera.

Selamat mencoba...

 http://safriyancupcake.blogspot.com/2014/01/cara-membuat-fondant-sendiri.html

Sekilas Mengenal FONDANT atau PLASTIC ICING

Fondant atau rolled fondant sering disebut dengan PLASTIC ICING atau kadang disebut juga dengan pasta gula (sugar paste).

Fondant adalah bahan dekorasi cake yang cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk mengcover cake dan juga digunakan untuk membuat hiasan seperti ornamen2 pada cake seperti pita, kerutan/renda, bunga juga figurine.

Fondant dibuat dari campuran gula, gelatin, glucose, glycerin, dan shortening dengan persentase terbesarnya adalah gula sehingga rasanya manis. Kadang juga adonan harus diberi bahan tambahan seperti Gum/ gum tragacanth untuk membuat adonan fondant menjadi lebih kokoh.

Membuat adonan fondant cukup repot, maka disarankan untuk membeli adonan fondant yang siap pakai saja di toko bahan kue. Di pasaran merk fondant yang beredar ada 2 yaitu FonDX dan Bakels.
Fondant siap pakai bentuknya seperti play dough/plastic dough atau seperti lilin mainan anak2. Hanya adonan dasar ini berwarna putih.

Saat baru dibeli dalam kemasan plastik biasanya kondisinya agak keras sehingga untuk menggunakannya harus diuleni terlebih dulu sampai lembut.

Untuk mendapatkan fondant yang warna warni biasanya harus dicampur dengan pewarna makanan, baik yang water base maupun yang oil base dapat dipakai. Tapi yang paling bagus adalah bentuk pewarna yang berupa pasta atau gel (biasanya merk import seperti Wilton, dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan pewarna merk lokal).

Menyimpan adonan fondant yang belum terpakai atau sisanya, harus dibungkus plastik yang rapat atau kedap udara hingga saat digunakan. Dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. JANGAN MENYIMPANNYA DI KULKAS atau FREEZER.

Fondant yang disimpan di kulkas selain mengeras, juga saat dikeluarkan akan berkeringat sehingga strukturnya menjadi rusak.

Dalam penggunaannya, saat menguleni adonan fondant, alas maupun wadah yang dipakai ditaburi dulu dengan sedikit tepung maizena agar tidak lengket pada alas ataupun wadahnya.
Sedangkan untuk menempelkan ornamen yang juga terbuat dari fondant, cukup diolesi dengan sedikit air dengan menggunakan kuas.

Cake yang sudah dihias dengan fondant TIDAK BOLEH disimpan di kulkas tetapi sebaiknya disimpan di ruangan yang sejuk berAC sampai saat disajikan. Mengingat asal muasal fondant dari negeri sub tropis, fondant sangat tidak bersahabat dengan suhu udara yang panas dan lembab karna akan melunak bahkan meleleh.

Bila diletakkan di suhu ruang, untuk jangka waktu tertentu masih dapat tahan bentuknya tetapi untuk jangka waktu lama (lebih dari 10 jam) cake yang dicover fondant, lapisan fondantnya akan melorot dan berkerut.

Jadi, sebelum memulai menghias cake dengan fondant... kenali dulu apa itu fondant termasuk juga kelebihan dan kekurangannya.

Sekian dulu ya tulisanku tentang fondant... nanti kalo ada waktu kita sambung lagi dengan TEKNIK MENGHIAS dengan FONDANT.
So keeping in touch with this blog ;)

 http://catatandidapur.blogspot.com/2008/11/sekilas-mengenal-fondant-atau-plastic.html

Bunga Kertas Origami



Untuk pesta ulang tahun di rumah bulan lalu saya menggunakan pernak-pernik bunga kertas sebagai hiasan untuk di meja. Kertas origami yang berwarna cerah dengan berbagai motif menarik menjadi salah satu pilihan. Selain mudah dibentuk (tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis), kertas ini juga memberikan aksentuasi warna yang menarik. Bahan yag dibutuhkan: kertas origami, gunting, kancing untuk scrapbooking dan double-sided tape.



Urut2xan membuat bunga kertas tersebut dapat dilihat sebagai berikut:




Di urutan nomor 7 double-sided tape digunakan untuk melekatkan kedua ujung kelopak. Untuk 1 buah bunga dibutuhkan 5 kelopak, ulangi langkah 1 sampai 8 di atas. Sepintas membuat bunga ini terlihat rumit, tetapi kalau sudah terbiasa membuat beberapa kelopak maka langkah selanjutnya menjadi mudah.
Dipadukan dengan dedaunan segar serta pita warna-warni dan manik2x maka bunga2x kertas tadi akan memberikan sentuhan tersendiri yang personal dan unik. Selamat mencoba! :)






Sumber : https://madebyfelice.wordpress.com/2012/09/21/bunga-kertas-origami/

Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?

Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?
NOORMUSLIMA.COM- Ketombe adalah pengelupasan kulit mati, secara berlebihan di kulit kepala. Umumnya pengelupasan kulit mati adalah normal, tapi jika pengelupasannya berlebihan, maka disebut ketombe. Disarankan jangan menggaruk terlalu keras, agar tidak terjadi infeksi pada kulit kepala. Ketombe juga bisa jadi ciri bahwa ada suatu penyakit pada seseorang. Beberapa bahan berikut ini dapat mengatasi ketombe, tanpa efek samping. Lemon. Lemon kaya akan Vitamin C, yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Lemon iris tipis-tipis, peras airnya lalu usapkan pada kulit kepala. Daging bekas perasan tadi gosokkan juga pada kulit kepala. Diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo, dan kemudian bilas lagi. Cuka. Cuka hasil fermentasi dari Ethanol dengan bakteri Acetic Acid. Kedua unsur ini yang bekerja untuk melawan bakteri jahat, yang menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya, ambil 1 sendok makan cuka. Campur dengan 3 sendok makan minyak, gosokkan pada kulit kepala. Apel hijau. Parut apel hijau dengan kulitnya, saring airnya, lalu usapkan pada kulit kepala diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo dan bilas lagi hingga bersih. Lakukan dua hari sekali hingga ketombe benar-benar hilang. Vitamin C dalam apel menjaga kelembapan kulit kepala. Garam. Ambil garam halus secukupnya, gosokkan pada kulit kepala, tunggu beberapa menit. Bilas dengan air bersih, beri samphoo dan bilas lagi. Soda kue. Basahi sedikit rambut anda, ambil segenggam soda kue dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit, bilas dengan air bersih, beri shampoo dan bilas lagi. Lakukan beberapa kali. Setelah satu minggu baru kelihatan hasilnya, kulit kepala memproduksi minyak secara alami. [Putri] (291)

Cara Membuat Pop Art Image

Membuat Pop Art Image

Kemaren-kemaren banyak pesen ke facebook dan email saya yang minta dibuatin tutorial POP ART… setelah menimbang dan memutuskan akhirnya saya buatin juga deh tutorial pop art nya pake adobe photoshop tentunya Photoshop CS 3 lagi.. hehehe..

langsung aja ..

Buka gambar / foto atau Image yang akan dibuat pop art..

Double click layer background dan beri nama..

Buat layer baru, pindahkan ke paling bawah.. ini nanti fungsinya sebagai background.

Sekarang gukanan PenTool untuk menyeleksi objek yang akan dibuat POPArt.perhatikan settingan nya seperti gambar dibawah.

Kalo udah terseleksi semua.. klik kanan di area gambar pilih Make selection.

Gambar sekarang dalam keadaan terseleksi.. Karena kita mau menghilangkan background nya.. kita harus menyeleksi object di belakang gambar.. Klik Select > inverse , Lalu ketan tekan delete

hasil remove background :

Dulikat layer gambar atau layer object dengan menekan CTRL + J, otomatis akan terbentuk layer baru dengan nama Object copy.

Buat duplikat nya menjadi hitam putih.. tekan CTRL + SHIFT + U untuk desaturate ( membuat hitam putih ) atau klik Image > Adjustment > Desaturate.

Klik kanan layer object copy > Duplicate layer

karena kita pilih NEW maka akan terbentuk dokumen baru … ini nanti kunci untuk membuat popart nya..

di dokumen baru ..

klik Image > adjustment > shadow/highlight

*Shadow highlight ini fungsinya nanti untuk memberikan efek detail pada warna-warna yang gelap.. misal rambut..

Klik Image > Adjustment > Threshold

Geser-geser slidernya supaya dapet gambar yang bagus dengan detail yang bagus juga..

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

Klik Image > Mode > Grayscale

Klik Image > mode > Bitmap

Klik Flatten Layer

Halftone screen nya diset seperti dibawah :

bagus kan hasilnya..

Sekarang kita musti membuat Mode image menjadi RGB …

Klik Image > mode > Grayscale

Klik Image > Mode > RGB

Kalo udah jadi RGB sekarang kita bisa export ke dokumen yang sedang kita garap.. caranya ?

Klik kanan layer background > Duplicate layer , Dokumen nya pilih file dokumen yang sedang kita garap..

Keliatan background putihnya.. Trim bagian background putih nya..cara nge TRIM nya..

gerakan kursor mouse ke antara layer background dan layer object copy sambil tekan tombol ALT.

kalo udah keliatan ada 2 lingkaran putih dan hitam..klik .. itu namanya nge TRIm.. :D

kalo bener ngerjain nya background putihnya akan hilang..

Sekarang tinggal proses pewarnaan aja ..

Mewarnai cuman menggunakan Brush tool aja kok.. jadi gak ribet..

Buat layer baru di paling atas

Layer mode nya pilih MULTIPLY..

warna pake warna kulit sesuai kode di gambar

Warnai daerah muka dan badan, kalo ada tangan, warnain juga.

dengan cara yang sama , warnain bibir nya, jangan lupa buat layer baru yah

Sekarang warnain Highlight Rambut

Terakhir warnain baju nya

Sekarang warnain background nya… pilih layer paling bawah…

warnai pake Paint bucket TOOL , warna terserah aja ..sesuka hatimu lah hehehehe…

Dan hasilnya setelah di CROP :

Artikel Membuat Pop Art Image ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Loading...