Jumat, 11 Juli 2008

Sengketa Tapal Batas Kecamatan


Setelah masyarakat Singkawang Utara, Senin (7/7) kemarin masyarakat Singkawang Timur menyampaikan aspirasinya pada pemerintah untuk segera menyelesaikan permasalahan tapal batas antar dua kecamatan tersebut. Selain dihadiri perwakilan warga, tokoh adat, dan anggota DPRD daerah pemilihan Singkawang Timur, pertemuan yang dipusatkan di aula Kantor Camat itu juga dihadiri langsung Walikota Singkawang, Hasan Karman dengan didampingi Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Suhadi Abdullani.

Dalam pertemuan yang dimulai sekitar pukul 14.00 tersebut masyarakat Singkawang Timur dengan satu suara sepakat untuk kembali pada tapal batas semula. Tapal batas sesuai dengan patok-patok beton yang telah dipasang tahun 1984, serta didukung oleh peta wilayah yang dianggap paling netral, peta tersebut dibuat oleh jawatan topografi TNI (Jantop) tahun 1972.

Dengan tapal batas yang diinginkan tersebut, dalam pertemuan itu masyarakat Singkawang Timur meminta agar pemerintah bertindak bijak dan untuk segera menyelesaikan tapal batas. Masyarakat juga menghendakai agar pemerintah bertindak sesuai dengan aturan, tanpa memihak salah satu pihak. Bahkan masyarakat juga meminta pada pemerintah untuk meindak oknum-oknu pegawai yang terlibat dengan pemindahan patok.

Mendengar aspirasi yang disampaikan, selaku Walikota Singkawang, Hasan Karman menyatakan, pihaknya akan berlaku bijak dalam mengambil keputusan. Untuk itu ia mengharapkan pada warga untuk memberikan kepercayaan penuh pada pemerintah. Dan apabila ada indikasi permainan oknum pegawai, Hasan Karman menyatakan keprihatinannya dan berharappada piha yang berwenang untuk menindak tegas. Akan tetapi, Hasan Karman menilai permasalahan tersebut masih wajar dan dapat diselesaikan.

“Untuk menyelesaikan permasalahan tapal batas, kami akan melakukan pengkajian yang akurat dan tepat, sehingga kebijakan yang dihasilkan tidak mengandung keberpihakan,” ujar Hasan Karman seraya meminta kepada sekretaris daerah untuk segera menyelesaikan tapal batas tersebut.

Dalam pertemuan yang berakhir sekitara pukul 16.00 itu, Hasan Karman juga meminta kepada masyarakat untuk mematuhi apa yang telah diputuskan. Salah satu caranya dengan tidak melakukan pemindahan patok yang suatu saat akan ditancapkan.

Dalam pertemuan itu, masyarakat Singkawang Utara, khususnya masyarakat adat Dayak Pajintan berkesempatan menyampaikan pernyataan sikap yang berisikan tiga belas butir. Pernyataan yng dibuat tanggal tujuh Juli tersebut ditandangi perwakilan masyarakat yang berjumlah sepuluh orang. Mereka adalah Victorianus, Antonius Polinus, Gerson Biloro, Adrianus, lopinus lowi, Giraniyus, Matheus. B, Florensius MB Maing, Victor Muhammad, dan Yosef.

Butir-butir dari surat pernyataa tersebut itu adalah, satu: masyarakat adat pajintan, sampai kapanpun dan dengan cara apapun tetap akan mempertahankan hak ulayat masyarakat adapt pajintan khsusunya, dan hak ulayat masyarakat Singkawang Timur.

Dua: secara turun termurun (fakta histories) maupun fakta hokum bahwa beberapa decade yang lalu, yaitu pada tahun 1984 tapal batas (eks desa Pajintan) oleh piak pemda pada waktu itu telah dibuat tanda tapal batas yang terbuat dari patok beton , yang kondisi terakhir telah dibongkar oknum-oknum pencaplokan tanah masyarakat adapt Pajintan.

Tiga: bahwa kpelimikan tanah hak ulayat masyarakat adapt adalah kolektif,sehingga sulit bagi para pejabat untuk melakukan transaksi jual beli kepada siapapun. Empat: sikap mereka bahwa pernyataan-pernyataan bahwa tanah atau lahan kosong merupakan milik Negara adalah bentuk pembodohan. Lima; Dalam senggketa tapal batas ,masyarakat adapt Pajintan menyatakan tidak pernah menghbungkannya dengan etnis lain, seperti melayu.

Enam: masyarakat menyatakan surat edaran Walikota Singkawang Juni 2005 dan Stepber 2005 tentang larangan melakukan aktivasi di lahan sengketa tersebut (status quo), dan dipatuhi oleh masyarakat adapt dayak Pajintan diduga bahwa itu semua merupakan cara licik pengusaha atau pejabat pada waktu itu.

Tujuh: pemindahan tapal tapal batas oleh pengusaha dan kroninya pada waktu itu adalah untuk kepentingan memperkaya diri dengan dalih pembangunan kepentingan umum, seperti pembangunan arena MTQ, Usinka, Rumah Sakit Bandara dan lain sebagainya. Untuk itu masyarakat Pajintan meminta aparat penegak hokum untuk mengusut dugaan penyalahgunaan dana APBD Kota singkwang tahun 2005 dampai dengan 2008 yang telah dikeluarkan untuk memuluskan rencana-rencana tersebut.

Delapan: dalam penryantaan itu massyarakat adapt Pajintan melalui kelompok tani yang tergabung dalam masyarakat peduli pembangunan pajintan tetap aka terus menggarap lahan di tanah Hak Ulayat masyarakat adat Pajintan. Tanpa dihalang-halangi dengan bentuk-bentuk surat edaran himbauan dan oleh siapapun.

Sembilan: masyarakat adat Pajintan hanya mengakui status kepemilikan tanah di area tanah hak ulayat masyarakat adat Pajintan, apabila benar-benar dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Sepuluh: masyarakat adat Pajintan meminta kepada agar Pemerintah Kota singkawang membuat peraturan daerah (Perda) menyangkut tapal batas antara kecamatan atau kelurahan atau Rt atau Rw, supaya dimasa yang akan datang para penguasa tidak seenaknya membuat sesuatu yang syarat dengan kepentingan pribadi maupun golongan.

Sebelas: Masyarakat adat Pajintan meminta kepada Kapolres Singkawang beserta Dandim maupun para kepala dinas untuk menghimbau anggota atau pegwaiya untuk tidak melakukan transaksi jual beli di lahan yang di klaim bermasalhan. Karena fakta dilapangan pada bulan Desember 2007 terjadi jual beli missal tanah di lahan sengketa, diantaranya adasedikt tujuh orang bahkan lebih anggota Polres Singkawang. Dan diduga dari dulu ada keterlibatan oknum anggota Polsek Singkawang Timur yang membekingi aktivitas-aktivitas illegal, seperti dompeng, PETI, dan pembabatan huta di laokasi tersebut.

Dua belas: Masyarakat ada Pajintan meminta Pemerintah Kota Singkwang untuk menginventarisir asset tanah milik Pemkota yang senyata-nyatanya pembebasannya menggunakan uang Negara (APBD), kemudian pada akhirnya menjadi hak milik para oknum pejabat atau mantan pejabat tertetu.

Tiga belas: dalam butir terkahir ini masyarakat adat Pajintan meminta kepada Walikota Singkawang untuk menyelesaikan tapal batas di lahan yang diklaim bermasalah ini dalam kurun waktu tidak lebih dai tiga bulan terhitung pertemuan Senin kemarin. Yaitu dikebalikan ke tapal batas semula sesuai patok-patok beton yang telah dipasang tahun 1984, serta dukungan oleh peta wilayah yang dibuat Jawatan Topografi TNI (Jantop) tahun 1972.

Surat pernyataan itu kemudian diserah pada Hasan karman dengan harapan bisa dijadikan sebaai salah satu alat untuk mengambil keputusan yang bijak dalam penyelesaian masalah perbatasan. (mjd)


--------------------------------------------------------------------------------




Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?

Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?
NOORMUSLIMA.COM- Ketombe adalah pengelupasan kulit mati, secara berlebihan di kulit kepala. Umumnya pengelupasan kulit mati adalah normal, tapi jika pengelupasannya berlebihan, maka disebut ketombe. Disarankan jangan menggaruk terlalu keras, agar tidak terjadi infeksi pada kulit kepala. Ketombe juga bisa jadi ciri bahwa ada suatu penyakit pada seseorang. Beberapa bahan berikut ini dapat mengatasi ketombe, tanpa efek samping. Lemon. Lemon kaya akan Vitamin C, yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Lemon iris tipis-tipis, peras airnya lalu usapkan pada kulit kepala. Daging bekas perasan tadi gosokkan juga pada kulit kepala. Diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo, dan kemudian bilas lagi. Cuka. Cuka hasil fermentasi dari Ethanol dengan bakteri Acetic Acid. Kedua unsur ini yang bekerja untuk melawan bakteri jahat, yang menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya, ambil 1 sendok makan cuka. Campur dengan 3 sendok makan minyak, gosokkan pada kulit kepala. Apel hijau. Parut apel hijau dengan kulitnya, saring airnya, lalu usapkan pada kulit kepala diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo dan bilas lagi hingga bersih. Lakukan dua hari sekali hingga ketombe benar-benar hilang. Vitamin C dalam apel menjaga kelembapan kulit kepala. Garam. Ambil garam halus secukupnya, gosokkan pada kulit kepala, tunggu beberapa menit. Bilas dengan air bersih, beri samphoo dan bilas lagi. Soda kue. Basahi sedikit rambut anda, ambil segenggam soda kue dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit, bilas dengan air bersih, beri shampoo dan bilas lagi. Lakukan beberapa kali. Setelah satu minggu baru kelihatan hasilnya, kulit kepala memproduksi minyak secara alami. [Putri] (291)

Cara Membuat Pop Art Image

Membuat Pop Art Image

Kemaren-kemaren banyak pesen ke facebook dan email saya yang minta dibuatin tutorial POP ART… setelah menimbang dan memutuskan akhirnya saya buatin juga deh tutorial pop art nya pake adobe photoshop tentunya Photoshop CS 3 lagi.. hehehe..

langsung aja ..

Buka gambar / foto atau Image yang akan dibuat pop art..

Double click layer background dan beri nama..

Buat layer baru, pindahkan ke paling bawah.. ini nanti fungsinya sebagai background.

Sekarang gukanan PenTool untuk menyeleksi objek yang akan dibuat POPArt.perhatikan settingan nya seperti gambar dibawah.

Kalo udah terseleksi semua.. klik kanan di area gambar pilih Make selection.

Gambar sekarang dalam keadaan terseleksi.. Karena kita mau menghilangkan background nya.. kita harus menyeleksi object di belakang gambar.. Klik Select > inverse , Lalu ketan tekan delete

hasil remove background :

Dulikat layer gambar atau layer object dengan menekan CTRL + J, otomatis akan terbentuk layer baru dengan nama Object copy.

Buat duplikat nya menjadi hitam putih.. tekan CTRL + SHIFT + U untuk desaturate ( membuat hitam putih ) atau klik Image > Adjustment > Desaturate.

Klik kanan layer object copy > Duplicate layer

karena kita pilih NEW maka akan terbentuk dokumen baru … ini nanti kunci untuk membuat popart nya..

di dokumen baru ..

klik Image > adjustment > shadow/highlight

*Shadow highlight ini fungsinya nanti untuk memberikan efek detail pada warna-warna yang gelap.. misal rambut..

Klik Image > Adjustment > Threshold

Geser-geser slidernya supaya dapet gambar yang bagus dengan detail yang bagus juga..

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

Klik Image > Mode > Grayscale

Klik Image > mode > Bitmap

Klik Flatten Layer

Halftone screen nya diset seperti dibawah :

bagus kan hasilnya..

Sekarang kita musti membuat Mode image menjadi RGB …

Klik Image > mode > Grayscale

Klik Image > Mode > RGB

Kalo udah jadi RGB sekarang kita bisa export ke dokumen yang sedang kita garap.. caranya ?

Klik kanan layer background > Duplicate layer , Dokumen nya pilih file dokumen yang sedang kita garap..

Keliatan background putihnya.. Trim bagian background putih nya..cara nge TRIM nya..

gerakan kursor mouse ke antara layer background dan layer object copy sambil tekan tombol ALT.

kalo udah keliatan ada 2 lingkaran putih dan hitam..klik .. itu namanya nge TRIm.. :D

kalo bener ngerjain nya background putihnya akan hilang..

Sekarang tinggal proses pewarnaan aja ..

Mewarnai cuman menggunakan Brush tool aja kok.. jadi gak ribet..

Buat layer baru di paling atas

Layer mode nya pilih MULTIPLY..

warna pake warna kulit sesuai kode di gambar

Warnai daerah muka dan badan, kalo ada tangan, warnain juga.

dengan cara yang sama , warnain bibir nya, jangan lupa buat layer baru yah

Sekarang warnain Highlight Rambut

Terakhir warnain baju nya

Sekarang warnain background nya… pilih layer paling bawah…

warnai pake Paint bucket TOOL , warna terserah aja ..sesuka hatimu lah hehehehe…

Dan hasilnya setelah di CROP :

Artikel Membuat Pop Art Image ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Loading...