Senin, 01 Desember 2008

Laut Potensi Yang Tidak Boleh Diabaikan


Menyongsong peringata n H ari Nusanta ra ke 9 pada tanggal (13/12) Dinas Keluatan dan Perikanan Kota Singkawang menyelenggarakan kegiatan bersih pantai. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu pagi (30/11) di Teluk Karang Kelurahan Sedau Singkawang Selatan.

“Kegiatan ini melibatkan berbagai komponen masyarakat baik dari kalangan pelajar, Kelompok Masyarakat Pengawas Pencinta Alam masyarakat kelautan dan perikanan serta SKPD Pemkot Singkawang” jelas Arief Fahmi, A.Pi Ketua Panitia Bersih Pantai Kota Singkawang. Selain di Teluk Karang kegiatan ini juga dilaksanakan secara bersamaan di di beberapa lokasi seperti di Sungai Garam, Kuala, Setapuk Besar.

Dalam memperingati Hari Nusantara tentunya kita harus mengingat kembali “Deklarasi Djuanda” yang dideklarasikan 13 Desember 1957. Dalam Deklarasi tersebut menyatakan bahwa Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State) yang pada saat itu mendapat pertentangan besar dari beberapa negara, sehingga laut-laut antar pulau pun merupakan wilayah Republik Indonesia dan bukan kawasan bebas.

Deklarasi tersebut kemudian dikukuhkan oleh Peraturan Pemerintah pengganti UU No 4 tahun 1960 atau dikenal dengan UU No.4 Prp. Th.1960 tentang Perairan Indonesia. Akan tetapi karena batas terluar wilayah Negara dapat berbatasan dengan wilayah Negara lain, maka penetapan batas tersebut wajib memperhatikan ketentuan hukum Internasional yang berlaku. Prinsipnya adalah garis batas mempunyai kedudukan sebagai hak bersama atau “res Communis”. Akibat positif Deklarasi Djuanda luas wilayah Republik Indonesia bertambah 2,5 kali lipat dari 2.027.087 km² menjadi 5.193.250 km². Dengan perhitungan 196 garis batas lurus (straight baselines) dari titik pulau terluar, terciptalah garis maya batas mengelilingi RI sepanjang 8.069,8 mil laut

Setelah melalui perjuangan yang panjang, deklarasi ini pada tahun 1982 akhirnya dapat diterima dan ditetapkan dalam konvensi hukum laut PBB ke-III Tahun 1982 (United Nations Convention On The Law of The Sea/UNCLOS 1982). Selanjutnya delarasi ini dipertegas kembali dengan UU Nomor 17 Tahun 1985 tentang pengesahan UNCLOS 1982 bahwa Indonesia adalah negara kepulauan.

Pada tahun 1999, Presiden Soeharto mencanangkan tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara. Penetapan hari ini dipertegas dengan terbitnya Keputusan Presiden RI Nomor 126 Tahun 2001, sehingga tanggal 13 Desember resmi menjadi hari perayaan nasional.

Karena itu Drs. Mulya Syah Kabid Pengawasan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Prop Kalbar, mengatakan “dengan Peringatan Hari Nusantara hendaknya menjadi momentum untuk menanamkan dalam jiwa raga bangsa Indonesia agar memiliki semangat dan rasa kebangsaan yang tinggi dan tidak ingin memisahkan diri dari ikatan NKRI”.

Dia juga menjelaskan selama ini perhatian pemerintah baik pusat maupun daerah pada laut masih belum maksimal sehingga laut yang penuh dengan sumber daya belum dapat dikelola secara maksimal. AKibatnya dia memberi contoh kita kehilangan Pulau Ligitan dan Sipadan.

Maksud bersih pantai katanya menambahkan merupakkan gerakan massal sehingga bagaimana laut dapat dikelola dengan baik dan benar untuk dapat memberikan kehidupan yang lebih baik Dalam kesempatan yang sama Walikota Singkawang hasan Karman, SH. MM yang hadir bersama istri mengatakan “Singkawang memiliki panjang pantai dan laut yang relatif kecil. Namun memiliki sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup menjanjikan jika dikelola secara optimal dengan memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan”.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari upaya pelestarian lingkungan, sehingga diharapkan diharapkan semua dapat lebih mencintai lingkungan dan selalu menjaga kelestarian dan kebersihannya. Ke depan pintanya kegiatan seperti ini dapat dilakukan dengan partisipasi masyartakat yang lebih besar dan dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut Hasan Karman, SH. MM mengucapkan terima kasih kepada komponen masyarakat serta dinas atas partisipasinya dalam mengikuti kegiatan bersih pantai.

Usai di Teluk Karang selanjutnya Walkota Singkawang Hasan Karman, SH. MM beserta istri mengunjungi beberapa lokasi kegiatan bersih pantai dengan menggunakan speedboat. Turut mendampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Singkawang Drs. Taslim Salimi, M.Si dan kadis Perhubungan Kota Singkawang Yohanes Utip, S.Sos dan Kabid Pengawasan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Prop Kalbar Drs. Mulya Syah.

Berikutnya >


Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?

Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?
NOORMUSLIMA.COM- Ketombe adalah pengelupasan kulit mati, secara berlebihan di kulit kepala. Umumnya pengelupasan kulit mati adalah normal, tapi jika pengelupasannya berlebihan, maka disebut ketombe. Disarankan jangan menggaruk terlalu keras, agar tidak terjadi infeksi pada kulit kepala. Ketombe juga bisa jadi ciri bahwa ada suatu penyakit pada seseorang. Beberapa bahan berikut ini dapat mengatasi ketombe, tanpa efek samping. Lemon. Lemon kaya akan Vitamin C, yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Lemon iris tipis-tipis, peras airnya lalu usapkan pada kulit kepala. Daging bekas perasan tadi gosokkan juga pada kulit kepala. Diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo, dan kemudian bilas lagi. Cuka. Cuka hasil fermentasi dari Ethanol dengan bakteri Acetic Acid. Kedua unsur ini yang bekerja untuk melawan bakteri jahat, yang menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya, ambil 1 sendok makan cuka. Campur dengan 3 sendok makan minyak, gosokkan pada kulit kepala. Apel hijau. Parut apel hijau dengan kulitnya, saring airnya, lalu usapkan pada kulit kepala diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo dan bilas lagi hingga bersih. Lakukan dua hari sekali hingga ketombe benar-benar hilang. Vitamin C dalam apel menjaga kelembapan kulit kepala. Garam. Ambil garam halus secukupnya, gosokkan pada kulit kepala, tunggu beberapa menit. Bilas dengan air bersih, beri samphoo dan bilas lagi. Soda kue. Basahi sedikit rambut anda, ambil segenggam soda kue dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit, bilas dengan air bersih, beri shampoo dan bilas lagi. Lakukan beberapa kali. Setelah satu minggu baru kelihatan hasilnya, kulit kepala memproduksi minyak secara alami. [Putri] (291)

Cara Membuat Pop Art Image

Membuat Pop Art Image

Kemaren-kemaren banyak pesen ke facebook dan email saya yang minta dibuatin tutorial POP ART… setelah menimbang dan memutuskan akhirnya saya buatin juga deh tutorial pop art nya pake adobe photoshop tentunya Photoshop CS 3 lagi.. hehehe..

langsung aja ..

Buka gambar / foto atau Image yang akan dibuat pop art..

Double click layer background dan beri nama..

Buat layer baru, pindahkan ke paling bawah.. ini nanti fungsinya sebagai background.

Sekarang gukanan PenTool untuk menyeleksi objek yang akan dibuat POPArt.perhatikan settingan nya seperti gambar dibawah.

Kalo udah terseleksi semua.. klik kanan di area gambar pilih Make selection.

Gambar sekarang dalam keadaan terseleksi.. Karena kita mau menghilangkan background nya.. kita harus menyeleksi object di belakang gambar.. Klik Select > inverse , Lalu ketan tekan delete

hasil remove background :

Dulikat layer gambar atau layer object dengan menekan CTRL + J, otomatis akan terbentuk layer baru dengan nama Object copy.

Buat duplikat nya menjadi hitam putih.. tekan CTRL + SHIFT + U untuk desaturate ( membuat hitam putih ) atau klik Image > Adjustment > Desaturate.

Klik kanan layer object copy > Duplicate layer

karena kita pilih NEW maka akan terbentuk dokumen baru … ini nanti kunci untuk membuat popart nya..

di dokumen baru ..

klik Image > adjustment > shadow/highlight

*Shadow highlight ini fungsinya nanti untuk memberikan efek detail pada warna-warna yang gelap.. misal rambut..

Klik Image > Adjustment > Threshold

Geser-geser slidernya supaya dapet gambar yang bagus dengan detail yang bagus juga..

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

Klik Image > Mode > Grayscale

Klik Image > mode > Bitmap

Klik Flatten Layer

Halftone screen nya diset seperti dibawah :

bagus kan hasilnya..

Sekarang kita musti membuat Mode image menjadi RGB …

Klik Image > mode > Grayscale

Klik Image > Mode > RGB

Kalo udah jadi RGB sekarang kita bisa export ke dokumen yang sedang kita garap.. caranya ?

Klik kanan layer background > Duplicate layer , Dokumen nya pilih file dokumen yang sedang kita garap..

Keliatan background putihnya.. Trim bagian background putih nya..cara nge TRIM nya..

gerakan kursor mouse ke antara layer background dan layer object copy sambil tekan tombol ALT.

kalo udah keliatan ada 2 lingkaran putih dan hitam..klik .. itu namanya nge TRIm.. :D

kalo bener ngerjain nya background putihnya akan hilang..

Sekarang tinggal proses pewarnaan aja ..

Mewarnai cuman menggunakan Brush tool aja kok.. jadi gak ribet..

Buat layer baru di paling atas

Layer mode nya pilih MULTIPLY..

warna pake warna kulit sesuai kode di gambar

Warnai daerah muka dan badan, kalo ada tangan, warnain juga.

dengan cara yang sama , warnain bibir nya, jangan lupa buat layer baru yah

Sekarang warnain Highlight Rambut

Terakhir warnain baju nya

Sekarang warnain background nya… pilih layer paling bawah…

warnai pake Paint bucket TOOL , warna terserah aja ..sesuka hatimu lah hehehehe…

Dan hasilnya setelah di CROP :

Artikel Membuat Pop Art Image ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Loading...