Sabtu, 06 Februari 2010

HIDUP BAHAGIA DENGAN COACHING LIFE


Banyak orang mengeluh hidupnya tidak bahagia. Namun ketika ditanya apa yang dimaksud dengan bahagia, tidak banyak yang bisa menjabarkannya. Bagaimana dengan Anda?
Di dunia olahraga dikenal istilah coach yang dalam bahasa Indonesia disebut pelatih. Salah satu tugas coach adalah memotivasi atlet untuk mencapai target prestasi tertentu. Target ini akan lebih mudah tercapai bila motivasi tersebut muncul dari dalam diri yang bersangkutan.

Mengadopsi hal itu, dalam bidang psikologi pun ada yang namanya coaching life. Tujuannya adalah menggali motivasi untuk mencegah dan menyelesaikan masalah rumah tangga. Langkah-langkahnya sudah tersusun, "Memang tidak 100 persen sama. Istilah coach di sini lebih bisa dipadankan dengan kata mentor ketimbang pelatih. Meski teknik yang digunakan kurang lebih sama, yakni menggali sesuatu dari dalam diri seseorang untuk mencapai target tertentu," papar Dra. Clara Istiwidarum Kriswanto, MA, CPBC., dari Jagadnita Consulting, Jakarta, yang banyak mendalami masalah coaching ini.

Secara teori, coaching adalah satu satu bentuk teknik komunikasi. Teknik ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga bisa memberdayakan seseorang agar bisa menemukan dirinya sekaligus mencapai tujuannya. "Ya, seperti atlet tadi yang dibantu coach-nya untuk menemukan sendiri sebatas mana kemampuannya, sehingga target prestasinya dapat terukur," tambahnya.

METODE COACHING

Pihak yang memotivasi biasa disebut coach, sedangkan pihak yang dimotivasi diistilahkan coachee. Dalam masalah ini baik suami maupun istri sama-sama bisa menjadi coach maupun coachee. Contohnya ada pasangan yang merasa tidak bahagia dengan kehidupan rumah tangganya. Teknik ini dapat diterapkan untuk mencapai kebahagiaan dengan cara menjadikan kebahagiaan itu sebagai sebuah target. Namun sebelumnya masalah yang dihadapi tersebut haruslah dibuat sekonkret mungkin, termasuk apa yang dimaksud dengan bahagia menurut versinya dan sebagainya. "Namun jangan dibayangkan salah satu pihak lalu mengatakan pada pasangannya bahwa yang dimaksud dengan bahagia adalah seperti ini-ini-ini. Yang seperti itu sih bukan teknik coaching life," kata Clara.

Metode coaching life akan memformulasikan apa yang dimaksud dengan kondisi bahagia yang paling mungkin dicapai oleh kedua belah pihak. Jadi, pasangan suami-istri duduk bersama untuk membahas masalah ini. Bukan salah satu pihak memberikan solusi atas masalah tersebut menurut persepsinya. "Seorang yang berperan sebagai coach justru terus merangsang coachee-nya dengan pertanyaan-pertanyaan sampai si coachee ini menemukan jawaban atas permasalahan yang bersumber dari dalam dirinya sendiri." Caranya dengan saling mendengarkan dengan penjabaran seperti berikut:

* Link to reality

Kedua belah pihak harus realistis dengan kondisi yang melingkupi masalah. Katakanlah masalahnya adalah ketidakbahagiaan salah satu pihak akibat masih tinggal serumah dengan orang tua/mertua yang terlalu ikut campur. Kondisi pasangan yang masih tinggal dengan orang tua mau tidak mau tidak bisa sebebas pasangan yang sudah hidup terpisah dari orang tua untuk memutuskan segala sesuatunya dalam rumah tangga. Jadi, sebelum bicara lebih jauh, kedua belah pihak harus menyadari sepenuhnya realitas tersebut.

* Investigate opportunities

Mencari semua peluang yang memungkinkan. Apa saja yang bisa dilakukan supaya orang tua/mertua tidak terlalu turut campur dalam masalah domestik yang dihadapi pasangan tersebut. Apakah mungkin cukup dengan diberi pengertian? Ataukah harus membuat aturan main yang tegas dan disepakai bersama?

* Search for desired outcomes

Bicarakan berdua tentang peluang pemecahan masalah. Misalnya menurut coachee, peluang "menekan" orang tuanya untuk membuat aturan main bersama itu terlalu berat. Menurutnya lebih baik dengarkan dulu kalau orang tuanya mau "ikut campur". Bila usulannya memang bagus, ya dengarkan, tapi kalau tidak, ya abaikan tanpa menyakiti perasaannya. Dengan demikian semua orang akan merasa bahagia.

* Talk

Diskusikan semua peluang tersebut sekaligus target yang ingin dicapai. Kebahagiaan seperti apa yang sebenarnya diinginkan meski hidup serumah dengan orang tua/mertua. Dengan semua peluang yang ada, buat target waktu, berapa lama bisa direalisasikan.

* Eliminate obstacles

Dari pembicaraan tersebut, pilih mana yang paling mungkin dilaksanakan. Baik dari segi pencapaian target maupun waktu. Selain itu masukkan

hambatan yang mungkin timbul sekaligus cara meminimalisasikannya.

* Now, review

Kaji ulang target tersebut secara berkala. Adakah yang sudah dicapai dan adakah yang belum. Untuk yang sudah tercapai, apalagi yang ingin diusahakan. Sedangkan yang belum, apa saja kendalanya dan cari pemecahannya dengan mengulang tahapan-tahapan di atas.

BISA DILAKUKAN SENDIRI

Tahapan-tahapan seperti itu sebetulnya bisa dilakukan sendiri tanpa melibatkan pihak lain. Orang tersebut bisa menjadi coach sekaligus coachee bagi dirinya sendiri. Misalnya, masalah yang dihadapi sama yaitu merasa tidak bahagia karena orang tua/mertua terlalu mencampuri kehidupan pribadi. Kalau memang kondisi riilnya masih tinggal dengan orang tua/mertua dan kebahagiaan yang ingin dicapai tersebut belum bisa terwujud, bisa saja targetnya diturunkan. Meski orang tua/mertua selalu ikut campur, tetap saja ada waktu dimana suami-istri memutuskan segala sesuatunya sendiri. "Dengan kata lain, targetnya diturunkan menjadi kebahagiaan mereka berdua meski dengan kondisi yang ada," ujarnya.

Kalau ternyata suami atau istri kurang mendukung, individu ini masih tetap bisa menggunakan metode yang sama untuk menemukan kebahagiaannya sendiri dengan segala kondisi yang dihadapinya. "Langkahnya tetap sama seperti sudah disebut di atas," kata Clara. Intinya, individu ini mesti terus menggali apa yang sebenarnya diinginkan dan bagaimana cara mencapainya dengan kondisi sesuai realitas yang ada.

BERBEDA DENGAN KONSELING

Teknik coaching life sedikit berbeda dari konseling. "Konseling harus dilakukan dengan pakar dan ada alternatif solusi yang ditawarkan. Sedangkan metode coaching, semuanya murni bersumber dari dalam diri individu itu sendiri," tutur Clara.

Selain itu, coaching benar-benar berorientasi pada masa depan. Ada target, kemudian mencari peluang bagaimana mencapainya serealistis mungkin. Bedanya lagi, dalam konseling ada tahapan dimana individu harus membuka masa lalu untuk digali apa yang menjadi latar belakang masalah dan sebagainya. Berarti dalam konseling ada luka batin yang terus dikorek untuk menemukan sumber permasalahan. Sementara menggunakan teknik coaching, orientasinya adalah masa depan. "What's next-nya yang lebih penting," kata Clara.

Marfuah Panji Astuti. Ilustrator: Pugoeh




Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?

Bagaimana Mengatasi Ketombe Yang Membandel?
NOORMUSLIMA.COM- Ketombe adalah pengelupasan kulit mati, secara berlebihan di kulit kepala. Umumnya pengelupasan kulit mati adalah normal, tapi jika pengelupasannya berlebihan, maka disebut ketombe. Disarankan jangan menggaruk terlalu keras, agar tidak terjadi infeksi pada kulit kepala. Ketombe juga bisa jadi ciri bahwa ada suatu penyakit pada seseorang. Beberapa bahan berikut ini dapat mengatasi ketombe, tanpa efek samping. Lemon. Lemon kaya akan Vitamin C, yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Lemon iris tipis-tipis, peras airnya lalu usapkan pada kulit kepala. Daging bekas perasan tadi gosokkan juga pada kulit kepala. Diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo, dan kemudian bilas lagi. Cuka. Cuka hasil fermentasi dari Ethanol dengan bakteri Acetic Acid. Kedua unsur ini yang bekerja untuk melawan bakteri jahat, yang menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya, ambil 1 sendok makan cuka. Campur dengan 3 sendok makan minyak, gosokkan pada kulit kepala. Apel hijau. Parut apel hijau dengan kulitnya, saring airnya, lalu usapkan pada kulit kepala diamkan selama 1/2 jam. Bilas dengan air bersih, lalu beri shampoo dan bilas lagi hingga bersih. Lakukan dua hari sekali hingga ketombe benar-benar hilang. Vitamin C dalam apel menjaga kelembapan kulit kepala. Garam. Ambil garam halus secukupnya, gosokkan pada kulit kepala, tunggu beberapa menit. Bilas dengan air bersih, beri samphoo dan bilas lagi. Soda kue. Basahi sedikit rambut anda, ambil segenggam soda kue dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit, bilas dengan air bersih, beri shampoo dan bilas lagi. Lakukan beberapa kali. Setelah satu minggu baru kelihatan hasilnya, kulit kepala memproduksi minyak secara alami. [Putri] (291)

Cara Membuat Pop Art Image

Membuat Pop Art Image

Kemaren-kemaren banyak pesen ke facebook dan email saya yang minta dibuatin tutorial POP ART… setelah menimbang dan memutuskan akhirnya saya buatin juga deh tutorial pop art nya pake adobe photoshop tentunya Photoshop CS 3 lagi.. hehehe..

langsung aja ..

Buka gambar / foto atau Image yang akan dibuat pop art..

Double click layer background dan beri nama..

Buat layer baru, pindahkan ke paling bawah.. ini nanti fungsinya sebagai background.

Sekarang gukanan PenTool untuk menyeleksi objek yang akan dibuat POPArt.perhatikan settingan nya seperti gambar dibawah.

Kalo udah terseleksi semua.. klik kanan di area gambar pilih Make selection.

Gambar sekarang dalam keadaan terseleksi.. Karena kita mau menghilangkan background nya.. kita harus menyeleksi object di belakang gambar.. Klik Select > inverse , Lalu ketan tekan delete

hasil remove background :

Dulikat layer gambar atau layer object dengan menekan CTRL + J, otomatis akan terbentuk layer baru dengan nama Object copy.

Buat duplikat nya menjadi hitam putih.. tekan CTRL + SHIFT + U untuk desaturate ( membuat hitam putih ) atau klik Image > Adjustment > Desaturate.

Klik kanan layer object copy > Duplicate layer

karena kita pilih NEW maka akan terbentuk dokumen baru … ini nanti kunci untuk membuat popart nya..

di dokumen baru ..

klik Image > adjustment > shadow/highlight

*Shadow highlight ini fungsinya nanti untuk memberikan efek detail pada warna-warna yang gelap.. misal rambut..

Klik Image > Adjustment > Threshold

Geser-geser slidernya supaya dapet gambar yang bagus dengan detail yang bagus juga..

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

Klik Image > Mode > Grayscale

Klik Image > mode > Bitmap

Klik Flatten Layer

Halftone screen nya diset seperti dibawah :

bagus kan hasilnya..

Sekarang kita musti membuat Mode image menjadi RGB …

Klik Image > mode > Grayscale

Klik Image > Mode > RGB

Kalo udah jadi RGB sekarang kita bisa export ke dokumen yang sedang kita garap.. caranya ?

Klik kanan layer background > Duplicate layer , Dokumen nya pilih file dokumen yang sedang kita garap..

Keliatan background putihnya.. Trim bagian background putih nya..cara nge TRIM nya..

gerakan kursor mouse ke antara layer background dan layer object copy sambil tekan tombol ALT.

kalo udah keliatan ada 2 lingkaran putih dan hitam..klik .. itu namanya nge TRIm.. :D

kalo bener ngerjain nya background putihnya akan hilang..

Sekarang tinggal proses pewarnaan aja ..

Mewarnai cuman menggunakan Brush tool aja kok.. jadi gak ribet..

Buat layer baru di paling atas

Layer mode nya pilih MULTIPLY..

warna pake warna kulit sesuai kode di gambar

Warnai daerah muka dan badan, kalo ada tangan, warnain juga.

dengan cara yang sama , warnain bibir nya, jangan lupa buat layer baru yah

Sekarang warnain Highlight Rambut

Terakhir warnain baju nya

Sekarang warnain background nya… pilih layer paling bawah…

warnai pake Paint bucket TOOL , warna terserah aja ..sesuka hatimu lah hehehehe…

Dan hasilnya setelah di CROP :

Artikel Membuat Pop Art Image ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Loading...